INDAH NOVANI, 079915977
(2004)
PENERIMAAN RBMAJA
TERHADAP INTERNET ( Reception Analysis Remaja terhadap Internet sebagai Media Komunikasi Baru di Kotamadya Surabaya).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Abstrak
Semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan infonnasi
menjadi sebuall fenomena yang selalu menarik lmtuk dicennati. Fenomena ini tak
dapat dihindari membawa pula dampak bagi berbagai aspek kebidupan
masyarakat, baik individu sebagai anggota masyarakat, maupun bagi keluarga
sebagai unit terkecilnya. Salah satu wujud perkembangan teknologi komunikasi
yang paling canggih adalah internet. Internet merupakan media komunikasi yang
unik. Internet dipergunakan oleh semua kalangan dari anak-anak sampai dewasa.
Pengguna internet terbesar berusia 20 24 tal1Un, maka penelitian ini memilih
sampel remaja berusia 20 -24 tahun (anak gaul). Karena masa ini adalah masa
yang paling menarik dan menantang dalam kehidupan seorang anak remaja.
Seorang remaja akan mulai matang secara fisik, emosi dan intelektua1.
Penelitian ini bertlljuan lIntuk mengetahui interpretasi dan pemahaman,
mengungkapkan opini dan pemikiran' remaja terhadap penggunaan internet
sebagai media komunikasi bani di Kotamadya Surabaya. Penelitian penerimaan
khalayak terhadap internet sebagai media komunikasi baru menggunakan analisis
resepsi (receptiun analysis). Analisis resepsi dipergllnakan juga untuk
mengeksplorasi penerimaan, interpretasi dan efek yang ditimbulkan internet
sebagai media komunikasi baru menurut remaja dengan menggwlakan pendekatan
kualitatif Teknik pengumplllan data primer pada penelitian ini menggunakan
Focus Group Dicussion (FG/)), yang dianggap dapat memotret kalangan remaja
dalam penggunaan internet secara cukup mendalam.
Sedangkan teori yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah internet
sebagai Computer Mediated Communication menurut Jensen ballwa Internet dapat
membuka suatu kemungkinan untuk menghasilkan berbagai macam bentuk
masukan dan infonnasi. Dan Michael Jackel (1995) mempllnyai suatll konsep
tentang internet, internet adalah suatu media kOlmmikasi baru yang interaktif,
keinteraktifan tersebllt dapat dilihat dari konsep interaksi. Konsep tersebut berarti
suatu perubahan, saling mempengaruhi, pengaruh yang bennutu dan memberi . peluang lmtuk saling tukar infonnasi.
Temuan penelitian menunjukkan dalam penggunaan internet, remaja merasa
puas dan senang dengan fasilitas yang ada di internet. Remaja pengguna internet
di Surabaya tennasuk dalam kategori Heavy Users. Internet bisa dikatakan tak
dapat lepas dari aktivitas keseharian remaja khususnya yang sedang menempuh
sekolah atauplln kuliah. Internet digunakan oleh remaja sebagai teknologi
komunikasi barn yang berfungsi sebagai media komunikasi interaktif, media
hiburan dan media intonnasi. Dari remaja pengguna internet mengungkapkan
bahwa bila dibandingkan dengan efek negatif maka efek positifilya adalall jauh
lebih banyak. Efek yang didapat menurut remaja antara lain efek kognitif bentpa
transmisi pengetahuan, infonnasi dan perluasan wawasan, efek afektif seperti
memberikan perasaan positif yaitu perasaan senang dalam diri individu dan
membuat internet sebagai media yang dapat menghibur dan menghilangkan
perasaan bosan yang dialami individu, efek behavioral seperti merubah kebiasaan
berkomunikasi, dimana internet saat ini menjadi altematif kegiatan yang
menyenangkan.
Actions (login required)
|
View Item |