STUDI TENTANG KEJADIAN PENYAKIT ANJING DI RUMAH SAKIT HEWAN SURABAYA

WIDYA PARAMITA LOKAPIRNASARI, 068811413 (1993) STUDI TENTANG KEJADIAN PENYAKIT ANJING DI RUMAH SAKIT HEWAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FKH 680 93 LOK S.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk m.ngetahui g~mbaran distribusi penyakit pada anjing di Rumah Sakit Hewan Surabaya menurut umur, jenis kelamin,ras dan musim. Semua data kasus penyakit sistem pencernaan, pernafasan perkemihan dan kulit selama periode tahun 1989 sampai 1991, dibagi dalam kelompok umur, jenis kelamin. ras dan kelompok bulan. Data yang diperoleh ditabulasikan dan dianalisis dengan uji khi kwadrat. Selama periode tiga tahun tersebut, telah diperiksa sebanyak 3894 kasus penyakit anjing. Dari jumlah total tersebut, penyakit pencernaan sebanyak 1392 kasus (35,75%), 550 kasus (14,12%) penyakit kulit, 426 kasus (10.94%) penyakit pernafasan. 121 kasus (3,11%) penyakit perkemihan dan sisanya menderita berbagai penyakit yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit pencernaan banyak terjadi pada anjing yang berumur di bawah satu tahun dan jarang pada umur di atas lima tahun. banyak terjadi pada ras Dachshund dan Pomeranian, tetapi jarang pada anjing Lokal dan terjadi pada semua jenis kelamin. Penyakit ini banyak terjadi pada bulan Januari dan Desember. Apabila dihubungkan dengan data curah hujan maka terjadinya kasus pencernaan ini seiring dengan fluktuasi curah-hujan. Penyakit kulit banyak terjadi pada Anjing Gembala Jerman, Boxer ~ Dachshund dan Pekingese, serta terjadi pada semua umur dan jenis kelamin. Terjadinya kasus ini tidak seiring dengan fluktuasi curah hujan. Penyakit pernafasan banyak terjadi pada anjing Poodle dan Pekingese tetapi jarang terjadi pada . anjing Lokal,banyak terjadi pada anjing yang berumur di atas lima tahun tetapi jarang terjadi pada umur di bawah tiga bulan, sertasering pada anjing jantan. Terjadinya kasus ini tidak seiring dengan fluktuasi curah hujan. Penyakit perkemihan banyak terjadi pada anjing Pekingese dan Dachshund. tetapi jarang terjadi padaanjing Lokal serta banyak terjadi pada anjing yang berumur di atas lima tahun dan pada anjing jantan. Terjadinya kasus ini tidak seiring dengan fluktuasi curah hujan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa umur. ras. jenis kelamin dan musim (curah hujan) berpengaruh pada kejadian keempat macam penyakit tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC FKH 680/93 Lok s
Uncontrolled Keywords: RABIES, DOG
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF951-997.5 Diseases of special classes of animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
WIDYA PARAMITA LOKAPIRNASARI, 068811413UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIWAN WILLYANTO, Drh., M.Sc., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Jan 2017 22:27
Last Modified: 29 Jan 2017 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52049
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item