PERBANOINGAN KEPUASAN PENDENGAR TERHADAP ACARA GOOD MORNING HARDROCKERS HARD ROCK FM SURABAYA DENGAN ACARA COFFE MIX COLORS RADIO DI SURABAYA

HARDIAN K. WARDHANA, 079616235 (2002) PERBANOINGAN KEPUASAN PENDENGAR TERHADAP ACARA GOOD MORNING HARDROCKERS HARD ROCK FM SURABAYA DENGAN ACARA COFFE MIX COLORS RADIO DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis K.04-03.War p.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Radio merupakan media massa yang memiliki jaringan terluas di dunia. Sebingga pendengarnya mudah menikmati siaran radio dimanapun mereka berada. Setiap pendengar memiliki kebutuhan yang harus terpenuhi oleh radio. Ketika pendengar aktif dan selektif memilih acara radio maka mereka menyesuaikan dengan kepuasan yang bisa didapat. Dalam teori uses and gratifications, kepuasan (gratifications obtained) dapat tercapai apabila kebutuhan (gratifications sought) dapat terpenuhi. Kebutuhan inilah yang menjadi motif pendengar untuk mendengarkan acara radio tertentu. Persaingan antar radio untuk mendapatkan lebih banyak pendengar tidak terelakkan. Di Surabaya, salah satu persaingan yang terjadi adalah antara Hard Rock FM Surabaya dan Colors Radio. Hal ini disebabkan karena kesamaan profil kedua radio. Salah satu acara yang memiliki format yang relatif sarna dari kedua radio terse but adalah Good Morning Hardrockers dan Coffe Mix. Sebingga peneliti tertarik untuk mengkomparasikan kepuasan antara Good Morning Hardrockers dengan Coffe Mix. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian survey. Kerangka konseptual menggunakan konsep kepuasan khalayak, radio sebagai media komunikasi, radio sebagai pemuas khalayak, dan program acara radio. Jumlah sampeI sebesar 100 responden dengan menggunakan rumus Yamane. Penentuan lokasi menggunakan cluster sampling dengan pengambilan sampel stratifikasi di setiap cluster. Unit analisis adalah individu yang berusia 20-30 tahun, pernah mendengarkan Good Morning Hardrockers dan Coffe Mix minimal 1 tahun terakhir, dan bertempat tinggal di Surabaya. Teknik analisis data menggunakan t-test dengan dibantu SPSS ver. 11.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jawaban mengenai kepuasan pendengar kedua acara tersebut. Acara Good Morning Hardrockers dapat memuaskan pendengarnya, acara Coffe Mix tidak dapat memuaskan pendengarnya, dan acara Good Morning Hardrockers lebih memuaskan pendengarnya dibandingkan Coffe Mix.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 04-03 War p
Uncontrolled Keywords: RADIO - AUDIENCE
Subjects: Q Science
Q Science > QC Physics > QC972.6-973.8 Radio Meteorology, Microwave Meteorology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
HARDIAN K. WARDHANA, 079616235UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDYan Yan Cahyana, Drs. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Jan 2017 23:15
Last Modified: 29 Jan 2017 23:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item