KRITIK SOSIAL DALAM HUMOR PADA TULISAN DAN GAMBAR KAOS DAGADU DJOKDJA (Pendekatan Semiotik Penggambaran Kritik Sosial Dalam Tema Humor pada Tulisan dan Gambar Kaos Dagadu Djokdja)

LYAN KURNIAWATI, 079815699 (2003) KRITIK SOSIAL DALAM HUMOR PADA TULISAN DAN GAMBAR KAOS DAGADU DJOKDJA (Pendekatan Semiotik Penggambaran Kritik Sosial Dalam Tema Humor pada Tulisan dan Gambar Kaos Dagadu Djokdja). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis K.07-03.Kur k.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia, dimana nilai-nilai budaya Jawa kental mewarnai, kIitik sosial dipandang sebagai aktivitas yang berkonotasi negatif karena potensial menyulut konflik. Namun bagaimanapun, kritik mutlak dipedukan dalam sebuah sistem sosial. Meski pada era pasca reformasi ini, kritik sosial sudah lazim disampaikan baik secara langstmg mauptm melaui media massa. Akan tetapi, pengungkapannya cendeftulg menggunakan bahasa yang tajam, bahkan tak jarang mengandtmg sarkasme. Sebingga seriugkali dijumpai 'perang' opini di media massa diantara pihak yang berseberangan. Pada situasi seperti ini dipedukan sebuah media alternatif penyampai . kritik sosial, misalnya dalam bentuk sebuah kaos (I-shirt). Melalui disaindisainnya, Dagadu mengungkapkan kritikannya dalam balutan humor. Ide ini sangat cerdas, mengingat media kaos yang komersil memungkinkan komunikator menggunakan bahasa informal, slengekan, bahkan plesetan, sesuatu yang tak bisa dipakai di media cetak. Pengemasan dengan humor ini memungkinkan komunikator menyampaikan kritik tanpa 'kekerasan', sehingga pihak yang dikritisi, baik pemerintah mauptm elemen masyarakat tidak tersinggung. Humor memungkinkan kritik menjadi lebih 'acceptable'. Penelitian ini mengambillima korus/sampel disain Dagadu masa produksi antara Juli 2001 sampai dengan Juli 2002. Kelima korns ini dipilih berdasarkan asumsi peneliti mengenai signifikansinya dengan topik penelitian, yakni mengandung kritik sosial. Dari kelima djsain tersebut ditentukan sintagma dan paradigma sebagai unit analisis Tiap disain ini dianalisis dan diinterpretasi menggunakan model semiotik Peirce, sehingga ditemukan jawaban dari rnmusan masalah (1) makna tanda-tanda dalam disain, untuh kc;tmdian ditemukan (2) penggambaran kritik sosial yang direpresentasikan oleh tanda-tanda dalam kelima disain tersebut. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini meliputi: Gambar dan Tulisan Pada Kaos Sebagai Alternatif Medium Komunikasi, Konsep dan Peran Kritik Sosial dalam Sistem Sosial, Humor Sebagai Media Pesan Kritik Sosial, Kritik Sosial dalam Pendekatan Budaya, Popularisme Disain Dagadu, Semiotika, serta Sintagma dan Paradigma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks yang dipakai Dagadu menggunakan humor plesetan dan peralihan kode guna membangun humor. Sementara fenomena sosial yang dikritisi adalah nilai moralitas mahasiswa (horisontal) serta penanganan pemeriutah terhadap kemiskinan masyarakat urban (vertikal).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 07-03 Kur k
Uncontrolled Keywords: CRITISM
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
LYAN KURNIAWATI, 079815699UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDS.S. Andarini, Dra., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 30 Jan 2017 19:56
Last Modified: 30 Jan 2017 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52123
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item