LILIK SRIWAHYUNI, 048411701 (2013) PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG PENGENDALIAN PERSEDIAAN SUKU CADANG PADA PT. "X " DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-sriwahyuni-25975-9.babi-n.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
a. Suatu aktivitas pembelian bahan dapat di laksanakan secara efesien serta diperoleh adanya internal check antar bagian yang terlibat dalam aktivitas pembelian, maka perlu adanya sistem dan prosedur pembelian bahan yang baik. b. Suatu sistem dan prosedur pembelian yang baik harus didukung ooleh adanya dkumen/formu1ir dalam jumlah yang cukup dan didistribusikan secara tepat. c. Dengan adanya doakumen yang cukup dan pendistribusian yang tepat mendukung pengendalian intern yang memadai. d. Adanya suatu penqcndal ian intern yang baik dalam perusahaan akan berguna untuk menjaga dan melindungi keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi , meningkatkan efesiensi usaha serta mendorong ditaatinya kebi jaksanaan perusahaan yang telah digariskan. e. Pada PT. "X" telah dilaksanakan sistem dan prosedur pembelian bahan, mulai dari prosedur permintaan pembelian, pelaksanaan pembelian sampai dengan prosedur penerimaan dan penyimpanan bahan. Meskipun demikian prosedur-prosedur yang dijalankan saat ini belum dapat, dikatakan memadai. Hal ini dapat terlihat dengan masih adanya kelemahan-kelemahan dalam prosedur pembelian bahan. - Pada prosedur pelaksanaan pembelian bahan, perusahaan be1urn melaksanakan prosedur pormintaan penawaran harga kepada calon supplier. - Tidak adanya saling mengawasi di antara bagianbagian yang terlibat dalam aktivitas pembelian, Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi tertulis berupa formulir - formu1ir di dalam perusahaan tersebut yang seharusnya perlu diketahui oleh bagian lain. - Sedangkan dalam prosedur penerimaan bahan pada perusahaan ini adalah kurangnyn tembusan formulir laporan penerimaan barang untuk bagian pembelian, sehingga bagian pembelian tidak bisa mengontrol terhadap barang yang dipesannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A.1956/94 Sri p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ACCOUNTING - MANAGEMENT; MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Bambang Husodo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2013 12:00 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2017 22:08 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5217 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |