PENGARUH EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia catappa L.) TERHADAP PERBAIKAN KERUSAKAN HEPATOSIT SERTA KADAR SGOT DAN SGPT MENCIT (Mus musculus) DIABETIK

BILQIS INAYATILLAH, 081211432037 (2016) PENGARUH EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia catappa L.) TERHADAP PERBAIKAN KERUSAKAN HEPATOSIT SERTA KADAR SGOT DAN SGPT MENCIT (Mus musculus) DIABETIK. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
52369 ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
52369.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun ketapang (Terminalia catappa L.) terhadap perbaikan kerusakan hepatosit serta kadar SGOT dan SGPT mencit (Mus musculus) diabetik yang telah diinjeksi STZ. Dua puluh empat ekor mencit jantan galur Balb-C, umur 3-4 bulan dikelompokkan menjadi 6 kelompok perlakuan, masing-masing kelompok terdiri atas 4 ekor. Kelompok kontrol (KN) yang hanya diberi air, kelompok diabetes (KD) yang diinjeksi 0,1 ml streptozocin (STZ) 5 hari berturut-turut, kelompok metformin (KM), kelompok perlakuan 1 (KP1) pemberian ekstrak daun ketapang 200 mg/kg BB, perlakuan (KP2) pemberian ekstrak daun ketapang 100 mg/kg BB, dan kelompok perlakuan 3 (KP3) 50 mg/kg BB. Pemberian ekstrak daun ketapang sebanyak 0,3 ml dilakukan selama 14 hari secara per-oral. Hewan percobaan pada setiap kelompok dieutanasi untuk dilakukan pengambilan darah melalui intrakardiak dan pengukuran kadar enzim SGOT dan SGPT. Selanjutnya dilakukan pembedahan dan pengambilan organ hepar untuk dibuat irisan histologi dan diamati kerusakannya. Hasil uji Anova (P<0,05) yang dilanjutkan dengan uji Duncan menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun ketapang (Terminalia catappa L.) berpengaruh signifikan pada kadar enzim SGOT dan perbaikan kerusakan hepatosit. Hasil uji Kruskall-wallis (P<0,05) yang dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney menunjukkan adanya pengaruh signifikan pemberian ekstrak daun ketapang pada kadar enzim SGPT. Pemberian perlakuan ekstrak dengan dosis 200 mg/kg BB dapat memperbaiki kerusakan hepatosit serta menurunkan kadar SGOT dan SGPT. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak daun ketapang dapat memperbaiki kerusakan hepatosit serta menurunkan kadar SGOT dan SGPT mencit (Mus musculus) diabetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 30-16 Ina p
Uncontrolled Keywords: EUTHANASIA
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
BILQIS INAYATILLAH, 081211432037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSaikhu Akhmad Husen, Drs,, M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 03 Feb 2017 18:20
Last Modified: 14 Jun 2017 19:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52369
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item