KARAKTERISASI DAN HUBUNGAN KEKERABATAN BEBERAPA VARIETAS PISANG (Musa paradisiaca L.) MELALUI PENDEKATAN MORFOLOGI DI KECAMATAN SENDURO KABUPATEN LUMAJANG

AJENG FEPRILIA SUPRIYONO, 081211433009 (2016) KARAKTERISASI DAN HUBUNGAN KEKERABATAN BEBERAPA VARIETAS PISANG (Musa paradisiaca L.) MELALUI PENDEKATAN MORFOLOGI DI KECAMATAN SENDURO KABUPATEN LUMAJANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB 44-16 Sup k ABSTRAK.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
52448.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah varietas dari Musa paradisiaca L. di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, hubungan kekerabatan melalui karakter morfologi, serta karakter dan karakteristik apa saja yang mempengaruhi pengelompokan antar varietas pisang (Musa paradisiaca L.). Penelitian dilakukan di perkebunan milik warga Kecamatan Senduro, Lumajang. Karakter yang diamati sebanyak 57 karakter meliputi perawakan, batang semu, daun, bunga, dan buah. Analisis yang digunakan adalah analisis deskripsi dan metode fenetik. Menurut hasil yang diperoleh, terdapat 8 varietas dari Musa paradisiaca L., yaitu Musa paradisiaca L. var Agung Semeru, var Candi, var Embug, var Kepok Merah, var Kepok Putih, var Kidang, var Raja Lumut, dan var Raja Nangka. Dari analisis deskripsi terdapat keanekaragaman karakter dan karakteristik morfologi dari varietas pisang, yaitu Musa paradisiaca L. var Agung Semeru, var Candi, var Embug, var Kepok Merah, var Kepok Putih, var Kidang, var Raja Lumut, dan var Raja Nangka, dan outgroup Musa acuminata var Susu. Berdasarkan hasil analisis metode fenetik menggunakan program komputer SPSS dihasilkan dendrogram yang menunjukkan dua kelompok utama yaitu kelompok A dan B dengan nilai kesamaan 0,270. Kelompok A merupakan outgroup, yaitu Musa acuminta var Susu dan kelompok B yang merupakan kelopok besar dari Musa paradisiaca L yang beranggotakan Musa paradisiaca L. var Agung Semeru, var Candi, var Embug, var Kepok Merah, var Kepok Putih, var Kidang, var Raja Lumut, dan var Raja Nangka. Karakter dan karakteristik yang dapat mempungaruhi pengelompokkan berdasarkan nilai Principal Component Analysis, yaitu: warna braktea (nilai 0,816), panjang buah (0.924), panjang tangkai buah (0,791), diameter tangkai buah (0,802), berat buah (0,816), dan jumlah sisir dalam satu tandan (0,824).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 44/16 Sup k
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB354-402 Fruit and fruit culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
AJENG FEPRILIA SUPRIYONO, 081211433009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHAMIDAH, Dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Feb 2017 19:40
Last Modified: 03 Jul 2017 19:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52448
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item