EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI SERTA PENGENDALIAN INTERNAL PENGELOLAAN ASET DPPKAD KABUPATEN SUMENEP

HARYATI ROMADHONI, 041013241 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI SERTA PENGENDALIAN INTERNAL PENGELOLAAN ASET DPPKAD KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
52505 ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
52505.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan aset berdasarkan sistem akuntansi dan prosedur serta pengendalian internal yang dijalankan oleh DPPKAD Kabupaten Sumenep dalam mengelola aset. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode analisis studi kasus yaitu dengan wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis kesesuaian siklus pengelolaan aset yang dilakukan oleh DPPKAD Kabupaten Sumenep dengan peraturan yang dibuat oleh Pemerintah pusat ditinjau dari segi sistem akuntansi dan pengendalian untuk mengoptimalkan aset yang dimiliki. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukan bahwa bagian aset telah melaksanakan siklus pengelolaan aset cukup efektif sesuai dengan acuan yang dibuat oleh pemerintah yaitu Permendagri no 17 tahun 2014, namun dari hasil wawancara ada beberapa kelemahan dan kekurangan yang perlu diperbaiki pada siklus pengamanan aset yang lemah dan bermasalah pada bukti kepemilikan tanah dan sistem akuntansi yang masih manual atau tidak terkomputerisasi sehingga berakibat kurang sinkronnya data antara SKPD dan Bagian aset DPPKAD Kabupaten Sumenep, selain itu kurangnya SDM yang mendukung bagian aset sehingga kinerja karyawan dan pembagian tugas kurang efektif, serta penyusunan struktur organisasi yang kurang efektif. Dari hasil penelitian ini disarankan supaya bagian aset dapat mempertimbangkan saran yang peneliti usulkan untuk mengelola aset pemerintah Kabupaten Sumenep supaya lebih efektif dan terjaga nilainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 272-16 Rom e
Uncontrolled Keywords: Aset Tetap, Pengelolaan Aset, Pengendalian Internal.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HARYATI ROMADHONI, 041013241UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErina Sudaryati, Dra., M.Si., Ak., CMA.,CA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Feb 2017 18:51
Last Modified: 14 Jun 2017 21:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52505
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item