PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN

ALFIAN HETARIN, 041013310 (2016) PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
52516 ABSTRAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
52516.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan keuangan merupakan indikator utama yang dijadikan dasar dalam penilaian kinerja perusahaan. Posisi rugi laba perusahaan, keadaan neraca perusahaan, perbandingan antara ekuitas dan utang, dan kondisi arus kas harus selalu diperhatikan untuk dapat mendeteksi keadaan perusahaan apakah masih cukup likuid untuk beroperasi atau justru ada masalah. Analisis faktor fundamental didasarkan pada laporan keuangan perusahaan yang dapat dianalisis melalui analisis rasio-rasio keuangan dan ukuran-ukuran lainnya seperti untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap harga saham perusahaan. Penelitian ini memfokuskan pada perusahaan manufaktur makanan dan minuman dengan sampel 17 perusahaan selama 2 tahun. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder dari Website Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2014. Untuk membuktikan hipotesis dilakukan uji asumsi klasik diawal dan dilanjutkan uji regresi berganda. Regresi dinyatakan lolos apabila data yang digunakan normal. Hasil pengujian menunjukkan 1 dari 4 variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan, yaitu solvabilitas. Pengujian secara simultan menyatakan bahwa semua variabel tidak berpengaruh terhadap harga saham perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 276/16 Het p
Uncontrolled Keywords: Laporan keuangan, Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG178 Liquidity
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ALFIAN HETARIN, 041013310UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKhusnul Prasetyo, SE., MM., AkUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Feb 2017 20:02
Last Modified: 14 Jun 2017 21:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52516
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item