PERANCANGAN SISTEM PENAGIHAN KLAIM REAL-TIME UNTUK PENANGANAN HEMODIALISA PADA PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAHAN (STUDI KASUS RSUD BLAMBANGAN BANYUWANGI)

VENY NUGROHO, 041311323048 (2016) PERANCANGAN SISTEM PENAGIHAN KLAIM REAL-TIME UNTUK PENANGANAN HEMODIALISA PADA PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAHAN (STUDI KASUS RSUD BLAMBANGAN BANYUWANGI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
52518 ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
52518.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang dan menyediakan pelayanan mulai dari rawat inap, rawat jalan, dan juga gawat darurat. RSUD Blambangan Banyuwangi bekerjasama dengan pihak BPJS kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua pasien. Standar Operasional Prosedur RSUD Blambangan Banyuwangi belum diberlakukan secara Realtime dan Tarif Pengajuan Klaim yang diajukan kepada pihak BPJS dengan biaya satuan per diagnosa, bukan satuan per jenis pelayanan dengan perhitungan Time Driven Activity Based Costing yang membuat RSUD harus menaggung kerugian dan mengganggu biaya operasional. Penelitian kualitatif eksploratori membantu membuat Perancangan Tarif Standar Penanganan Pasien Untuk Real-Time Penagihan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Tujuan penelitian ini untuk merancang sebuah sistem yang mengakurasi kegiatan operasional, pembayaran tarif penanganan khususnya pasien Hemodialisa (HD) agar menjadi suatu sistem yang terintegrasi dengan baik, efektif dan efisien serta memiliki informasi yang berkualitas untuk dapat digunakan pihak yang berkepentingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 277/16 Nug p
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Operasional, Online Real-time System, Tarif Standar, Penagihan Klaim BPJS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
VENY NUGROHO, 041311323048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDebby Ratna Daniel, Dr. rer. pol. , S.E., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Feb 2017 20:11
Last Modified: 14 Jun 2017 21:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item