PENERAPAN AKUNTANSI UNTUK ASET BERSEJARAH: PENGAKUAN, PENILAIAN DAN PENGUNGKAPANNYA DALAM LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Museum Anjuk Ladang Nganjuk Kabupaten)

DESY WULANDARI, 041211331260 (2016) PENERAPAN AKUNTANSI UNTUK ASET BERSEJARAH: PENGAKUAN, PENILAIAN DAN PENGUNGKAPANNYA DALAM LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Museum Anjuk Ladang Nganjuk Kabupaten). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A. 297-16 Wul p Abstrak.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
52650.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi yang diterapkan pada pengelolaan aset-aset bersejarah di Museum Anjuk Ladang, baik dari pengakuan, penilaian, penyajian dan pengungkapan dalam laporan keuangan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan kejelasan tentang standar akuntansi aset bersejarah yang seharusnya diterapkan oleh pihak pengelola Museum Anjuk Ladang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dibutuhkan berupa data primer dari hasil wawancara dengan informan penelitian, serta data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen pendukung. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pihak Museum Anjuk Ladang masih mengaitkan pengertian aset bersejarah dengan cagar budaya. Pihak Museum mengakui Aset Bersejarah dengan “tanpa nilai” karena umur aset yang tidak dapat ditentukan dengan mudah. Dalam praktik akuntansi aset bersejarah pada pengelolaan Museum Anjuk Ladang masih belum sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah, karena tidak melakukan penilaian dan tidak menyajikan aset bersejarah dalam Catatan atas Laporan Keuangan. Kata kunci: Akuntansi Aset Bersejarah, PSAP 07, Museum, Catatan atas Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 297-16 Wul p
Uncontrolled Keywords: Akuntansi Aset Bersejarah, PSAP 07, Museum, Catatan atas Laporan Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DESY WULANDARI, 041211331260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAde Palupi, SE., MPPM., Ph.D., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Feb 2017 22:24
Last Modified: 18 Jun 2017 18:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52650
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item