AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DENGAN ANGGARAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK (STUDI KASUS PADA DPRD KABUPATEN KEDIRI)

ZHAVIRA BIRKHA, 041211331284 (2016) AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DENGAN ANGGARAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK (STUDI KASUS PADA DPRD KABUPATEN KEDIRI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A. 247-16 Bir a Abstrak.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A. 247-16 Bir a reduced tanpa lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAmiran)
52814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

DPRD merupakan organisasi sektor publik yang mempunyai wewenang untuk menentukan dan mengelola anggaran. Anggaran merupakan salah satu wujud akuntabilitas dari DPRD dalam merumuskan rencana-rencana kerja dan menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Anggaran dalam DPRD merupakan anggaran belanja yang digunakan untuk membiayai kegiatan yang berhubungan dengan tugasnya. Dalam menentukan dan mengelola anggaran bisa terjadi penyimpangan. Untuk mencegah dan meminimalkan penyimpangan, akuntansi pertanggungjawaban dapat berperan sebagai alat pengendalian biaya. Penelitian ini dilakukan di DPRD Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban dengan anggaran sebagai alat pengendalian biaya yang terjadi pada DPRD Kabupaten Kediri.Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini lebih menekankan pada perolehan informasi langsung dari objek penelitian yang dimuali dari survey pendahuluan, studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu membandingkan teori dengan data yang diperoleh selama penelitian. DPRD Kabupaten Kediri sudah menerapkan syarat-syarat akuntansi pertanggungjawaban namun masih ada penerapan belum optimal karena kurang sesuai dengan konsep akuntansi pertanggungjawaban. Penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada DPRD Kabupaten Kediri sudah bisa digunakan sebagai alat pengendalian biaya. Karena adanya penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang belum optimal maka diperlukan perbaikan-perbaikan agar lebih memadai untuk digunakan sebagai alat pengendalian biaya. Kata Kunci: akuntansi pertanggungjawaban, anggaran, pengendalian biaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.247-16 Bir a
Uncontrolled Keywords: akuntansi pertanggungjawaban, anggaran, pengendalian biaya
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ZHAVIRA BIRKHA, 041211331284UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdianto, Dr., SE., M.Si., Ak. CMA., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Feb 2017 20:49
Last Modified: 17 Jul 2017 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52814
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item