PENGARUH TINGKAT INFORMASI ASIMETRI, AUDITOR SPESIALIS INDUSTRI, DAN AUDIT TENURE TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2013-2015

AMALIA RIZKY PRATIWI, 041113223 (2016) PENGARUH TINGKAT INFORMASI ASIMETRI, AUDITOR SPESIALIS INDUSTRI, DAN AUDIT TENURE TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2013-2015. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (fulltext)
A. 302-16 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
A. 302-16 Pra p Abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manajer dan pihak eksternal membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Dalam teori keagenan mengatakan bahwa terdapat informasi asimetri antara pihak manajemen dan pihak investor. Pihak manajemen lebih paham dan mengetahui kondisi keuangan perusahaan, sedangkan investor dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan hanya dari laporan keuangan dan kondisi ini dapat dimanfaatkan pihak manajemen untuk melakukan tindakan manajemen laba. Auditor spesialis industri ialah pihak ke tiga yang berkompeten untuk mengaudit industri yang sejenis diharapkan dapat mencegah tindakan manajemen laba. Sedangkan audit tenureatau masa perikatan auditor dengan klien yang lama dirasa dapat meningkatkan manajemen laba perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat informasi aismetri, auditor spesialis industri, dan audit tenure terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode pengamatan 2013-2015 sebanyak 74 perusahaan per tahunnya. Metode analisis yang digunakan ialah metode analisis linier berganda. Berdasarkan data sampel diperoleh hasil pengujian bahwa variabel tingkat informasi asimetri berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan variabel auditor spesialis industri dan audit tenure tidak berpengaruh terhadap manajemen laba perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Inonesia periode tahun 2013-2015. Kata Kunci : Tingkat Informasi Asimetri, Auditor Spesialis Industri, Audit Tenure, Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 302-16 Pra p
Uncontrolled Keywords: Tingkat Informasi Asimetri, Auditor Spesialis Industri, Audit Tenure, Manajemen Laba.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
AMALIA RIZKY PRATIWI, 041113223UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidi Hidayat, Dr., SE., M.Si., Ak., CA., CMA,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Feb 2017 21:02
Last Modified: 15 Feb 2017 21:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52818
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item