PEMISAHAN SEL SPERMATOZOA X DAN Y SAPl FH MENGGUNAKAN BSA (Boville Serum Albumin) DENGAN METODE COLUMN ALBUMIN BERDASARKAN UKURAN KEPALA

YENNY EKA WULANSlH, 060012727 (2005) PEMISAHAN SEL SPERMATOZOA X DAN Y SAPl FH MENGGUNAKAN BSA (Boville Serum Albumin) DENGAN METODE COLUMN ALBUMIN BERDASARKAN UKURAN KEPALA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AlRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
52874.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media BSA (Bovine Serum Albumin) sebagai media pemisah sel spermatozoa X dan Y, serta bagaimana efeknya tehadap ukurnn kepala sel spermatozoa. Bahan utama penelitian berupa semen segar dan sapi perah FH (Friesian Holstein) yang dipelihara di Taman Ternak Pendidikan Kedamean Gresik. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Ternak Pendidikan Kedamean Gresik., dan laboratorium In~vitro Fakultas Kedokteran Hewan Universitas AirIangga Surabaya. Media pemisah set spermatozoa adalah BSA (Bovine Serum Albumin) dengan konsentrasi yang berbeda yang dibuat dengan earn mengencerkannya dalam diluter susu skim dan kuning telur. Pengamatan ukuran kcpala sel spermatozoa dilakukan dengan cara membuat preparat ulas spermatozoa dengan mcnggunakan pewarna Eosin Negrosin dan diperiksa di bawah mikroskop dcngan bantuan alat pcnghitung yaitu mikrometer. Penghlumgan dilakukan dalam saruan perscn. Penentuan scl spennatozoa X dan Y didasarkan alas ukuran panjang kali lebar kepala sci spemlatozoa deogan ketcntuan scI spenna1ozoa yang mcmiliki ukuran lebih besar atau sarna dengan rata-rata dikategorikan sel spermatozoa X, sedangkan yang berukuran lebih kecil dari rata-rata dikategorikan sel spermatozoa Y. Rancangan peneliitian menggnnakan RAL (Rancangan Acak Lengkap), data hasil penelitian diana.iists dengan uji F dan dilanjutkan dengan uji BNT apabila terdapat perbedaan yang nyata di antara perlakuan. Hasil penciitian menunjukkan angka persentasc jumlah scI spennatozoa X tcrbaik didapat pada pertakuan ke dua (P2) dengan BSA konsentrasi 30 % pada fraksi atas. sedangkan jumlah set spennatozo3 Y terbaik didapat pacta perlakuan ke dua (P2) dengan BSA konsentrasi 30 % pada fraksi bawah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 183-05 Wal p
Uncontrolled Keywords: SPERMATOZOA
Subjects: Q Science > QL Zoology
Q Science > QL Zoology > QL700-739.8 Mammals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
YENNY EKA WULANSlH, 060012727UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDIndah Norma Triana, ,M.Si., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 16 Feb 2017 17:59
Last Modified: 19 Jun 2017 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52874
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item