ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RASIO ENTERPRISE VALUE TO SALES DAN PENILAIAN BARGA SAHAM BERDASARKAN RASIO ENTERPRISE VALUE TO SALES PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI

ARlSTO ELYAN T AMBUWUN, 049922902 (2004) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RASIO ENTERPRISE VALUE TO SALES DAN PENILAIAN BARGA SAHAM BERDASARKAN RASIO ENTERPRISE VALUE TO SALES PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 01-04 Tam a.pdf

Download (517kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rasio Enterprise Value to Sales (EVS) dan penilaian saham berdasarkan rasio EVS. Dalam penelitian ini akan dianalisis (1) apakah faktor-faktor after-tax operating margin, return on net operating asset. reinvestment rate, tingkat pertumbuhan sales, rasio hutang berbeban bunga terhadap ekuitas berpengaruh terhadap rasio enterprise value to sales, dan (2) bagaimana penilaian saham berdasarkan rasio EVS yang selanjutnya dapat digunakan untuk menentukan strategi investasi. Teknik analisis yang digunakan adalah anal isis regresi berganda untuk mengetahui apakah faktor-faktor after-tax operating margin, return on net operating asset. reinvestment rate, tingkat pertumbuhan sales, rasio hutang berbeban bunga terhadap ekuitas berpengaruh terhadap rasio EVS. Pengujian dilakukan untuk sampel perusahaan sektor industri barang konsumsi tahun 1997 dan 1998. Hasil pene1itian yang diperoleh untuk sampel perusahaan sektor industri barang konsumsi tahun 1997 menunjukkan bahwa rasio EVS dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh after-tax operating margin. Hasil penelitian yang diperoleh untuk sampel perusahaan sektor industri barang konsumsi tahun 1998 menunjukkan bahwa rasio EVS dipengaruhi secara signifikan oleh aftertax operating margin, return on net operating asset, dan reinvestment rate, dimana after-tax operating margin mempunyai pengaruh positif terhadap rasio EVS, sedangkan return on net operating asset dan reinvestment rate mempunyai pengaruh negatif terhadap rasio EVS. Dengan demikian, hanya after-tax operating margin yang secara konsisten berpengaruh positif yang signifikan terhadap rasio EVS. Strategi investasi dapat ditentukan dengan menggunakan analisis rasio EVS untuk menentukan saham-saham mana yang mengalami undervalued dan overvalued, dan telah terbukti bahwa dengan menggunakan strategi investasi yang telah ditentukan, investor dapat memperoleh keuntungan dan menghindari terjadinya kerugian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 01/04 Tam a file fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RASIO ENTERPRISE VALUE TO SALES DAN PENILAIAN BARGA SAHAM BERDASARKAN RASIO ENTERPRISE VALUE TO SALES PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ARlSTO ELYAN T AMBUWUN, 049922902UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAMIRUDDIN UMAR, Dr., SEUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Feb 2017 19:37
Last Modified: 16 Feb 2017 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52899
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item