SRI RAHA YUNINGSIH, 040013571 E
(2003)
ANALISIS PENGARUH PENGENALAN MEREK TERHADAP NIAT BELl KONSUMEN
MELALUI KEYAKINAN KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMSI PADA PRODUK TEH BOTOL SOSRO D1 SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini wnuk mengetahui pengaruh pengenaJan merek terlladap niat beli konswnen melalui keyakinan konsumen dan niat beli konsumen pada produk teh botol Sosro di Surabaya. Konsumen yang diteliti adalah para konsumen yang sudah mengenal produk teh botol Sosro yang berada di Surabaya. Penelitian ini dilakukan mengill!,.rat peIHingnya pengetahuan merek menjadi penentu penting pengeluaran infonnasi dan ingatan konsumen untuk mempengaruhi respon . mereka. Oleh karena iru, perusahaan perlu mengembangkan usaha pengenalan merek pada kOf!sun:en agar konsumen dapat mengenaJ dengan baik merek tersebut dipandang dan atribut fisik produknya dan mampu membuat konsumen
membedakannya dengan merek yang Jain.
Varia bel independen yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi
konsep Consumer Decision Model dari Howard (1994 :35) yaitu pengenalan merek.
Kcyakinan konsumen dan sikap konsumen merupakan variabel antara yang dapat
berlaku sebagai variabel independen dan variabel dependen. Sedangkan variabel
depcndennya adalah niat beli konsumen pada produk teh botol Sosro di Surabaya.
Dua ratus responden telah mengisi kuisioner dan menjadi sumber data
penelitian ini. Dengan leknik pearson product moment dan teknik cronbach's
alpha, data penelitian ini telah memenuhi syarat valid dan reliabel. Uji hipotesis
yang dilakukan dengan menggWlakan teknik analisis regresi tinier sederhaIia dan
analisis jalur untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel
dependen dengan melalui variabel antara.
Model persamaan regresi tinier sederhana dalam penelitian ini adalah:
Y 1=0,431 +0,817X
Y2= 1,880 + 0,406X
Y)= 1,683 + 0,635Y1
Y3= 0,866 + O,846Y2
Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa varia bel pengenalan
merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keyakinan konsumen, pengenalan
merek memiliki pengaruh signifikan terhadap si]mp konsurnen, keyakinan
konsumen memiliki pengaruh signifikan terbadap niat beli konsurnen, sikap
konsumen memiliki pengaruh signifikan terbadap niat beli konsumen, dan
pengenalan merek memiliki pengaruh terbadap niat beli konsumen melalui
keyakinan konswnen dan sikap konsumen, pada produk teh botol Sosro di
Surabaya. Selain itu dari perhitungan koefisien regresi diketahui bahwa apabila
pengenalan merek mengalami kenaikan sebesar 10 unit., maka niat beli konsumen
akan mengalami kenaikan sebesar 6,76 unit.
Berdasarkan basil penelitian ini, saran untuk PT Sinar Sosro adalah agar
secara teratur memberikan informasi tentang produknya dan mengadakan kegiatan
yang mampu menciptakan dan memperkuat posisi mereknya dalam benak
konsumen. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat berupa pensponsoran acara-acara
seperti acara musik. Disamping itu PT Sinar Sosro juga periu menyelenggaraan
seminar yang berhubungan dengan manfaat teh bagi kesehatan untuk membangun
kesadaran konsumen akan manfaat teh.
Item Type: |
Thesis
(Skripsi)
|
Additional Information: |
KKB KK-2 B 05/04 Rah a
FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA |
Uncontrolled Keywords: |
ANALISIS PENGARUH PENGENALAN MEREK TERHADAP NIAT BELl KONSUMEN
MELALUI KEYAKINAN KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMSI PADA PRODUK TEH BOTOL SOSRO D1 SURABAYA |
Subjects: |
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: |
04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Creators: |
Creators | NIM |
---|
SRI RAHA YUNINGSIH, 040013571 E | UNSPECIFIED |
|
Contributors: |
Contribution | Name | NIDN / NIDK |
---|
Thesis advisor | INDRIANA WATI USMAN, Dra. Ec. M.Sc. | UNSPECIFIED |
|
Depositing User: |
Dwi Marina
|
Date Deposited: |
20 Feb 2017 19:12 |
Last Modified: |
20 Feb 2017 19:12 |
URI: |
http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53104 |
Sosial Share: |
|
|
|
Actions (login required)
|
View Item |