INDRI KARIMAH, 111211133005 (2016) PERBEDAAN TINGKAT SENSE OF COMMUNITY PADA ANGGOTA KOMUNITAS CSSMoRA DITINJAU DARI IDENTITAS SOSIAL DAN ASAL PERGURUAN TINGGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
Psi.155-16 Kar p Abstrak.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text (fulltext)
Psi.155-16 Kar p.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat sense of community pada anggota komunitas CSSMoRA ditinjau dari identitas sosial dan asal perguruan tinggi. Penelitian dilakukan pada anggota komunitas CSSMoRA di Surabaya dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 160 orang, yang terdiri atas anggota komunitas CSSMoRA UNAIR, ITS, dan UINSA dengan rentang angkatan 2011-2015 yang masih termasuk anggota aktif. Alat pengumpul data yang digunakan berupa kuesioner. Kuesioner sense of community terdiri dari 24 aitem, dan kuesioner identitas sosial dengan 16 aitem. Analisis data dilakukan dengan tehnik statistik anakova, dengan menggunakan bantuan program statistik IBM SPSS Statistics 22. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh skor, dengan nilai signifikansi sebesar 0.367. (signifikansi > 0.05) Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat sense of community pada anggota komunitas CSSMoRA ditinjau dari identitas sosial dan asal perguruan tinggi. Dengan rincian, asal pergurun tinggi secara signifikan (signifikansi=0.761) membedakan tingkat sense of community dan identitas sosial tidak dapat membedakan tingkat sense of community jika mengabaikan aspek asal perguruan tinggi dengan signifikansi 0.00 (signifikansi < 0.05). Kata kunci: sense of community, identitas sosial, asal perguruan tinggi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Psi.155-16 Kar p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | sense of community, identitas sosial, asal perguruan tinggi | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2017 01:20 | ||||||
Last Modified: | 21 Feb 2017 01:20 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53173 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |