PENGARUH PEMBERIAN INFUSUM DAUN SOSOR BEBEK (Kalanchoe pinnata (Lamk,) Pers.) SECARA ORAL TERHADAP WAKTU KESEMBUHAN LUKA PADA MENCIT (Mus muskulus)

YOHAN EFENDI, 060112952 (2005) PENGARUH PEMBERIAN INFUSUM DAUN SOSOR BEBEK (Kalanchoe pinnata (Lamk,) Pers.) SECARA ORAL TERHADAP WAKTU KESEMBUHAN LUKA PADA MENCIT (Mus muskulus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53195.pdf

Download (70kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian infusum daun sosor bebek (Kalanchoe pinnata [Lamk.J Pers) dengan konsentrasi 10%, 20% dan 40% yang diberikan secara oral dapat mempengaruhi waktu kesembuhan luka (scmatio vulnera) pada mencit (Mus muskulus). Sejumlah 20 ekor mendt betina yang digunakan sebagai hewan coba. dibagi secara random dalam empat perlakuan dan lima ulangan tiap hewan coba dibuat luka dengan memotong ekor sepanjang tiga sentimeter dengan skalpeL Pada kelompok perlakuan Po. luka pada hewan coba dibiarkan tanpa pengobatan, Pada kelompok perlakuan Ph luka diobati dengan infusum daun sosor bebek secara oral dengan konsentrasi 10%. Pada kelompok perlakuan P2• luka diobati dengan infusum daun sosor bebek secara oral dengan konsentrasi 20%. Pada kelompok pedakuan P3, luka diobati dengan infusum daun sosor bebek secara oral dengan konsentrasi 40%. Pengobatan dan pengamatan dilakukan sehari sekali. yaitu pagi hari pukul 08:30 WIB. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varian dengan uji F. Jika basil anal isis menunjukkan berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya pemberian infusum daun sosor bebek dengan konsentrasi 10% dan 20% yang mempunyai efektifitas mempercepat kesembuhan luka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 192-05 EFE P
Uncontrolled Keywords: MUS MUSCULUS
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL1-991 Zoology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
YOHAN EFENDI, 060112952UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSri Agus Sujarwo,, Ph.D., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 21 Feb 2017 02:36
Last Modified: 21 Jun 2017 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53195
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item