GAMBARAN HISTOPATOLOGI INTESTINUM IKAN MAS (Cyprinus carpio Linn) SETELAH PEMBERIAN PROBIOTIK DAN DIINFEKSI DENGAN Aeromonas hydrophila

DIANA WIDIY ASTUTI, 060112929 (2005) GAMBARAN HISTOPATOLOGI INTESTINUM IKAN MAS (Cyprinus carpio Linn) SETELAH PEMBERIAN PROBIOTIK DAN DIINFEKSI DENGAN Aeromonas hydrophila. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53217.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran histopatologi intestinum ikan mas (Cyprinus carpio Linn) setelah pemberian probiotik dan diinfeksi dengan Aeromonas hydrophi/a. Penelitian ini menggunakan 30 ekor benih ikan mas berumur 1 bulan, dengan ukuran 8 -10 em dan berat badan rata-rata 10 gram. Raneangan pereobaan yang digunakan adalah Raneangan Aeak Lengkap (RAL) yang terbagi menjadi lima perlakuan dengan enam ulangan. Kelompok PO (-) sebagai kontrol negatif merupakan keadaan normal tanpa diberi perlakuan, kelompok PO (+) sebagai kontrol positif merupakan kelompok yang diinfeksi A. hydrophila tanpa diberi probiotik. kelompok PI diberikan probiotik 5 mllkg pakan, kelompok P2 diberikan probiotik 15 ml/kg pakan, dan kelompok P3 diberikan probiotik 25 mlIkg pakan. Pemberian probiotik dilakukan satu kali sehari selama tiga minggu, kemudian seluruh kelompok perlakuan keeuali PO (-) diinfeksi A. hydrophi/a selama satu minggu. 8etelah perlakuan hewan coba dibedah dan bagian intestinum yang mengalami peradangan diambil untuk pembuatan preparat histopatologi kemudian diperiksa kerusakan vilinya, dan untuk mengkonfirmasikan penyebab infeksi karena A. hydrophi/a maka dilakukan uji biokimia dengan media Triple Sugar Iron Agar (T81A), Sufide Indol Motility (81M), Simon Sitrat Agar, dan Urease. Data dianalisis menggunakan Uji Kruskal Wallis yang dilanjutkan dengan Uji Z 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik dengan dosis 15 mllkg pakan dapat mengurangi tingkat kerusakan vili intestinum.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK KH 198-05 WID G
Uncontrolled Keywords: CYPRINUS CARPIO LINN
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL1-991 Zoology
Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
DIANA WIDIY ASTUTI, 060112929UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAjik Azmijah, S.U DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 21 Feb 2017 18:11
Last Modified: 21 Jun 2017 19:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53217
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item