PENGARUH PEMBERIAN VELPO TERHADAP HISTOPATOLOGI JARINGAN HATI DAN GINJAL TIKUS PUTIH (Rattus Norvegicus)

NUR CHASANAH, 068711319 (1993) PENGARUH PEMBERIAN VELPO TERHADAP HISTOPATOLOGI JARINGAN HATI DAN GINJAL TIKUS PUTIH (Rattus Norvegicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FKH 712-93 CHA P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Velpo terhadap tingkat kerusakan organ hati dan ginjal tikus putih (Rattus nOl·l"egicus). Sebanyak 14 ekor tikus putih betina Strain Winstar yang berumur empat bulan dengan bobot badan 160-250 gram. Selama percobaan tikus tikus tersebut diberi pakan ayam Broiler I (511). Rancangan percqbaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan ulangan tak sama. Perlakuan yang diberikan ada empat macam dosis, masing-masing adalah perlakuan kontrol (hanya diberi NaCI fisiologis), perlakuan I (pemberian cairan Velpo dengan dosis 50 kali dosis manusia), perlakuan II (pemberian dosis 100kali dosis manusia) dan perlakuan III (pemberian dosis 200 kali dosis manusia) . Dalam penelitian ini organ hati dan ginjal tikus putih (Rattus norvegicus) mengalami perubahan seluler yang meningkat sesuai dengan peningkatan dosis perlakuan. Pada organ hati perubahan seluler' yaitu degenerasi sampai nekrose dari sel endotel vena sentralis, infiltrasi sel-sel lekosit daerah interstitial, granula pada sitoplasma sampai nekrose sel hati. Dan pada organ ginjal perubahan seluler yang terjadi degenerasi sampai nekrose tubulus kontortus proksimalis, nekrose glomerulus, infiltrasi sel-sel lekosit polimorf sekitar daerah interstitial, nekrose tubulus kontortus distalis, hyalin cast pada tubulus. infiltrasi sel-sel lekosit polimorf sampai hyalinisasi glomerulus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Velpo memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<O,Ol) terhadap tingkat kerusakan hati dan ginjal tikus putih (Rattus norvegicus) .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC FKH 712/93 Cha p
Uncontrolled Keywords: HISTOLOGY PATHOLOGICAL
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
NUR CHASANAH, 068711319UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBAMBANG POERNOMO S., DR., Drh., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 21 Feb 2017 23:12
Last Modified: 21 Feb 2017 23:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53256
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item