DAMPAK PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2000 TERHADAP BIAYA KUALITAS JASA PELAYANAN KAPAL PADA PT. PELABUHAN INDONESIA III CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA

DINI MARTIA PRASTITI, 040013419 (2004) DAMPAK PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2000 TERHADAP BIAYA KUALITAS JASA PELAYANAN KAPAL PADA PT. PELABUHAN INDONESIA III CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 113.05 Pra d.pdf

Download (447kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. PELINDO III cabang Tanjung Perak Surabaya merupakan Badan Usaha Milik Negara yang mengelola jasa kepelabuhanan yang melayani pelayaran nasional dan intemasional. PT. PELINDO III cabang Tal\iung Pe~rak sesuai dengan misinya yang ingin mewujudkan pelabuhan Tanjung Perak sebagai pelabuhan kelas dimia (world class service) yang mempu menempatkan diri dalam jaringan pelabuhan intemasional (global network) sehingga selalu dituntut untuk menyediakan dan memberikan pelayanan jasa kepelabuhanan yang bermutu dan berdaya saing tinggi. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut diatas PT. PELlNDO III cabang Tanjung Perak menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 :2000 bagi pengelolaan sistem manajemen mutu yang lebih baik. Sistem Manajemen Kualitas ISO 9001 merupakan standar yang paling komprehensif dan digunakan untuk menjamin kuaJitas pelayanan jasa. Dalam pengimplementasiannya pacta PT. PELINDO TTl cabang Tanjung Perak ISO 9001 :2000 mengidentifikasi proses dan aktivitas jasa pelayanan kapal, melakukan pcmantauan, pengukuran, pengendalian kualitas serta menerapkan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang direncanakan dan perbatkan terus menerlls. Oalam pelaksanaan aktivitas operasional ISO 900 I :2000 menjadi pedoman pelaksanaan melalui prosedur dan instruksi kerja yangjelas. Penerapan ISO 9001 :2000 terhadap pengendalian biaya kuaJitas pada perusahaan juga memiliki dampak yang positif dampak positif. Pada semester 1 tahlln 2004 persentase total biaya kualitas terhadap pendapatan adalah sebesar 757% dibandingkan dengan periode sebelumnya, yaitu sebesar 10,32%. Proporsl biaya terhesar adalah hiaya pencegahan. Perusahaan juga mcmbcri pcrhatian yang Icbih besar pada biaya penilaian. Pada semester 1 tabun 2004 persentase biaya penilaianterhadap pendapatan sebesar 9,14% dibandingkan dengan periodc sebelumnya, yaitu sebesar 7,12%. Dengan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 secara konsisten dan kontinyu dalam semua aktivitas, perusahaan akan dapat menyediakan jasl;l pelayanan kapal yang bermutu tinggi sekaUgus dapat menurunkan biaya kual itas sebab semua aktivitas dilakukan sesuai prosedur mutu yang telah ditetapkan. Dengan dilakukannya pengendalian kualitas oleh pcrusahaan, pihak manajemcn dUllal meredllksi wClste dan inefisiensi. semua biaya yang dikeluarkan untuk peningkatan mutu dapat benar-benar direncanakan. Pada akhimya perllsahaan dapat menghasilkan jasa pclayanan kapal yang bermutu tinggi serta dapat mcncapai tujuan perusahaan yaitu pelabuhan yang menyediakan pelayanan jasa kepeJabuhanan kelas dunia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DINI MARTIA PRASTITI, 040013419UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYustrida Bernawati, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:26
Last Modified: 17 May 2017 15:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53307
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item