PRODUCTPOSITIONING SUZUKI SMASH BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS ATRIBUT-ATRIBUT SEPEDA MOTOR DISURABAYA

DEWANTO WICAKSONO, 040017008 (2004) PRODUCTPOSITIONING SUZUKI SMASH BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS ATRIBUT-ATRIBUT SEPEDA MOTOR DISURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53324.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Keberhasilan suatu produk yang ditawarkan pada pasar sasaran tergantung pada seberapa baik produk tersebut diposisikan dalam pasar tersebut (Walker, Boyd, and Larrache, 1999:193). Oleh karena itu, positioning berhubungan erat dengan kesesuaian penerimaan suatu penawaran produk dengan pasar yang dituju. Positioning akan lebih penting apabila merek produk-produk yang bersaing tampak sarna di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi sepeda motor Suzuki Smash dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya, yaitu Suzuki Shogun, Honda Leganda, Honda Supra, Honda Karisma, Yamaha Jupiter, Yamaha Vega, Kawasaki Kaze, Kawasaki Blitz, dan merek-merek sepeda motor non-Jepang berdasarkan persepsi konsumen atas atribut-atribut sepeda motor di Surabaya. Atribut-atribut tersebut meliputi konsumsi bahan bakar, kenyamanan, kemudahan perawatan, kehandalan me sin, kemudahan mencari suku cadang, dan harga jual kembali. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Validitas alat ukur menggunakan metode Pearson Product Moment, sedangkan untuk menguji reliabilitasnya menggunakan teknik Alpha Cronbach. Penelitian ini berusaha menggambarkan posisi sepeda motor Suzuki Smash di antara pesaing-pesaingnya dengan menggunakan peta persepsi dua dimensi. Peta persepsi tersebut diperoleh melalui Correspondance Analysis (CA). Berdasarkan hasil CA, koordinat Suzuki Smash pada dimensi 1 (dl) adalah (-0,017) dan dimensi 2 (d2) adalah (-0,025). Pada dl Suzuki Smash berada pada posisi ke-5, .sedangkan pada d2 Suzuki Smash berada pada posisi ke-6. Hasil perhitungan CA juga menunjukkan bahwa atribut harga jual kembali merupakan atribut yang dominan pada dimensi 1 (d!). Sedangkan, atribut kehandalan mesin merupakan atribut yang dominan pada dimensi 2 (d2). Hasil perhitungan Euclide Distance menunjukkan bahwa pesaing terdekat Suzuki Smash adalah Yamaha Vega denganjarak Euclidian sebesar 0.064, kemudian diikuti oleh Honda Karisma (0,087), Yamaha Jupiter (0,157), Honda Supra (0,233), Kawasaki Blitz (0,285), Suzuki Shogun (0,297), Honda Legenda (0,382), Kawasaki Kaze (0,384), dan merek sepeda motor non-Jepang (0,786).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 35 /05 Wic p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PRODUCTPOSITIONING SUZUKI SMASH BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS ATRIBUT-ATRIBUT SEPEDA MOTOR DISURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DEWANTO WICAKSONO, 040017008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTANTI HANDRlANA, , SE. MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Feb 2017 17:36
Last Modified: 03 Jul 2017 18:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53324
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item