ANALISIS INFORMASI AKUNT ANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA DAN PENILAIAN KINERJA MANAJER RUMAH SAKIT "X" DI SURABAYA

FEBRIANTI VERA SANDY, 049912819 E (2004) ANALISIS INFORMASI AKUNT ANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA DAN PENILAIAN KINERJA MANAJER RUMAH SAKIT "X" DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAKind)
kk A 129.05 San a.pdf

Download (430kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan bagian intregral dad keseluruhan sistem pelayanan kesehatan yang dikembangkan melalui rencana pembangunan kesehatan. Dalam perkembangannya rumah sakit kini bukan hanya berfulgsi sosial saja tetapi juga berfungsi komersial. Agar rumah sakit dapat bertahan dan berkembang meilghadapi setiap persaingan maka rumah sakit harus. dike lola secara tepat dan profesional oleh manajemennya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan suatu sistem pengendalian manajemen guna menerapkan strategi-strategi yang telah ditetapkan. Sistem tersebut nantinya dapat digunakan untuk melakukan pengendalian biaya serta mengevaluasi kineIJa manajer rumah sakit tersebut, sehingga dapat dicapai keseimbangan an tara fungsi sosial dan segi komersial yaitu pencapaian laba yang layak guna meningkatkan mutu peJayanannya. Sistem akuntansi pertanggungjawaban merupakan salah satu alat untuk mdakukan pengendalian biaya dan penilaian kinerja. Sebab dalam laporan pertanggungjawaban akan diperoleh informasi yang jelas atas faktor-faktor yang dapat dikendalikan, khususn~'a biaya. Sehingga mempermudah bagi manajemen untuk mengambil keputusan bagi kelangsungan organisasi. Pada skripsi ini diungkapkan akan pentingnya informasi akuntansi pertanggtmgjawaban bagi pengendalian manajemen untuk mengendalikan biaya dan menilai kineIja manajer serta memberikan bent uk atau gambaran yang jelas tentang sistem akuntansi pertanggungjawaban yang sesuai diterapkan bagi rumah sakit. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif deskriptif yang menitikberatkan pada perhitungan dan pemahaman persepsi peneliti, dapat diperoleh suatu informasi yang nantinya dapat digunakan untuk menerapkan teoriteori mengenai penerapan akuntansi pertanggungjawaban. Rumah sakit adalah suatu organisasi yang besar dan kompleks, yang terdiri dari berbagai elemen. Untuk itu dalam melakukan penelitian ini ditetapkan batas-batas khusus atas tema yang dibahas. Sehingga dalam skripsi ini hanya disajikan tentang informasi akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat pengendalian biaya dan penilaian kineIja manajer. Adapun deskripsi mengenai unsur-unsur dalam informasi pertanggungjawaban tersebut terdiri dari gambaran umum organisasi, identifikasi organisasi, kodifikasi akun, pengklasifikasian biaya, sistem anggaran, sistem pelaporan serta pengendalian biaya dan penilaian kineIja, yang telah disesuaikan dengan kondisi rumah sakit yang sudah ada. Dengan adanya pemenuhan data yang merupakan elemen dalam akuntansi pertanggungjawaban dalam rumah sakit akan menghasiJkan suatu infonnasi akuntansi pertanggungjawaban yang tepat dan akurat daJam melakukan pengendalian biaya dan penilaian kineIja manajer rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
FEBRIANTI VERA SANDY, 049912819 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, Prof.Dr., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Feb 2017 18:42
Last Modified: 22 Feb 2017 18:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53352
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item