"PEMANFAATAN ATTRIBUTE SAMPLING UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENAGIHAN PIUTANG DI RUMAH SAKIT AL-IRSYAD SURABAYA"

lKA ENDRIYANA AFRILDA (2004) "PEMANFAATAN ATTRIBUTE SAMPLING UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENAGIHAN PIUTANG DI RUMAH SAKIT AL-IRSYAD SURABAYA". Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 134.05 Afr p.pdf

Download (439kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepatuhan dapat digunakan untuk: menilai efektifitas pengendalian intern pada piutang dan mengetahui sistem dan prosedur penagihan piutang te1ah dilaksanakan sesuai dengan kebijakan yang te1ah ditetapkan untuk dapat menekan kerugian akibat adanya tagihan yang tidak terbayar. Penelitian ini memakai obyek Rumah Sakit Al-Irsyad di jalan KHM. Mansyur 21()"'214 Surabaya. Skripsi dengan judul ... Pemanfaatan Attribute Sampling Untuk Menilai Efektivitas Pengendalian Intern Penagihan Piutang Di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya ... ini membabas teDtang uji. kepatuban untuk: mendeteksi kelemahan yang ada sehingga mengbasilkan rekomendasi yang dapat meningkatkan efek:tifitas sistem pengendalian intern atas piutang. KeUka melakukan penelitian ditemulran bahwa piutang tidak dapat dinilai kewajarannya. K.etidakwajaran penilain piutang ini menyebabkan piutang tidak dapat diketahlri berapa nilai netto sehingga pengendalian intern pada piutang tidak efektif. Agar penilain dapat dinilai kewajarannya maka diusulkan agar membentuk daftar umur piutang. Dalam memecahkan masalab yang ada, maka metedoJogi penelitian yang digunakan adalab pendekatan kualitatif. PeneJitian dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner " yes or no quesition " kepada pibak-pihak yang terlibat untuk menilai keandalan sistem pengendalian intern. Selain ito cara yang dilakukan adaIab dengan membandingkan teori piutang usaba dan pengaruh penyajian piutang usaba yang ada dengan rumusan masalab dalam penelitian dan altematif rumusan pemecahan masa1ab penelitian. Saran yang dapat diberikan disini adalah untuk mengendalikan piutang agar tetap efektif mw disarankan untuk menyusun daftar umur piutang. Selain ito struktur pengendalian intern yang telah diterapkan di Rumab Sakit AI-Irsyad hams tetap dapat dilaksanakan dengan baik. Dari saran tersebut diharapkan dapat membanto manajemen untuk mendapatkan jumlah piutang yang bisa tertagib dan sesuai dengan keadaan serta dapat menjaga keamanan barta agar laporan keuangan yang dibasilkan dapat diandalkan. Hasil wawancara dan penyebaran quesioner menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern Rumah Sakit AI-Irsyad pada piutang cukup baik dan cukup diandalkan. Oleb karena itu efektivitas sistem pengendalian intern Rumah Sakit AlIrsyad ini diuji dengan menggunakan stop-or-go sampling. Dari uji efektivitas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern sudab dilaksanakan secara efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
lKA ENDRIYANA AFRILDANIM040234653-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoegeng Sutedjo, Dr., SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Feb 2017 20:17
Last Modified: 22 Feb 2017 20:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53391
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item