STUDI HEMATOLOGI (PVC, KADAR HEMOGLOBIN, JUMLAH ERITROSIT) PADA SAPI DI DAERAH ENDEMIK PENYAKIT SURRA ATAU TRIPANOSOSMIASIS DI KABUPATEN BANYUWANGI

SETIYONO ALYOYOK, 06BB11493 (1993) STUDI HEMATOLOGI (PVC, KADAR HEMOGLOBIN, JUMLAH ERITROSIT) PADA SAPI DI DAERAH ENDEMIK PENYAKIT SURRA ATAU TRIPANOSOSMIASIS DI KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FKH 749-93 ALY S.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hematologi (PCV, kadar Hb, Jumlah eritrosit) pada sapi-sapi di daerah endemik penyakit surra atau tripanosomiasis di Kabupaten Banyuwangi. Sampel darah diambil dari 30 ekor sapi betina jenis Peranakan Onggole (PO) dewasa berumur antara dua sampai tiga tahun. Dari 30 ekor sapi tersebut, 15 ekor sapi berasal dari daerah tidak wabah yaitu Kecamatan Srono, Desa Wonosobo, Dusun Plembang Rejo dan 15 ekor sapi berasal dari daerah wabah yaitu Kecamatan Gambiran, Desa Wringin Agung, Dusun Sumber Rejo." Pengambilan darah sapi-sapi dilakukan melalui Vena jugularis. Analisis statistik yang digunakan adalah dengan menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di daerah yang pernah terjadi kasus penyakit surra atau tripanosomiasis (daerah wabah), sapi-sapi tersebut mempunyai kecenderungan mengalami anemia. Hal ini dibuktikan dengan PCV yang turun dibandingkan dengan batasan normal yang pada analisis statistik didapatkan perbedaan yang nyata. Sehubungan dengan hasil penelitian tersebut maka untuk penelitian lebih lanjut disarankan untuk meningkatkan diagnosis khususn;r;l pemeriksaan hematologi dan pencegahan penyakit surra atn.J tripanosomiasis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC FKH 749/93 Aly s
Uncontrolled Keywords: CATTLE, HEMATOLOGY
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF191-275 Cattle
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SETIYONO ALYOYOK, 06BB11493UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSOEPARTONO P., MS., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 22 Feb 2017 21:08
Last Modified: 22 Feb 2017 21:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53405
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item