EVALUASI PERBANDINGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMROSESAN SPM XENIX/DOS DENGAN SPM INTEGRASI DALAM PENGILOLAAN PENGELUARAN KAS NEGARA PADA KANTOR PERBENDAHARAAN DAN KAS NEGARA SURABAYA

FIRZA YULIANTI, 049822313 E (2004) EVALUASI PERBANDINGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMROSESAN SPM XENIX/DOS DENGAN SPM INTEGRASI DALAM PENGILOLAAN PENGELUARAN KAS NEGARA PADA KANTOR PERBENDAHARAAN DAN KAS NEGARA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 136.05 Yul e.pdf

Download (434kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini penulis mengevaluasi sistem infonnasi akuntansi yang telah dan sedang dilaksanakan oleh Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara Surabaya khususnya yang berkaitan dengan pemrosesan SPM masing-masing DepartemeniLembaga di bagian perbendaharaan dalam hal pengelolaan pengeluaran kas negara. Melalui evaluasi tersebut diharapkan dapat dilakukan perbandingan antara pemrosesan sistem SPM XenixlDos dengan sistem SPM Integrasi serta analisa cost-benefit dari kedua sistem tersebut. Di dalam melaksanakan wewenang perbendaharaan KPKN Surabaya setidaknya telah memenuhi tiga unsur yaitu : pertama, terciptanya peningkatan terhadap pelayanan masyarakat yang tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat sasaran. Kedua, terciptanya peningkatan penelitian terhadap tagihan kepada negara. Ketiga, tersajinya laporan keuangan negara yang akurat. Adapun yang menjadi pokok pennasalahan dalam penulisan skripsi ini dapat dirumuskan menjadi : "Apakah sistem infonnasi akuntansi dalam pemrosesan SPM integrasi yang saat ini dioperasikan mampu lebih baik dibandingkan dengan sistem SPM XenixIDOS?" Sistem SPM Integrasi diluncurkan dalam operasi pengelolaan pengeluaran kas negara untuk menjawab kekurangan-kekurangan sistem SPM XenixlDOS yang antara lain pada proses input data SPP. Dalam menginput data SPP yang masuk dibagian loket pada sistem SPM integrasi cukup dengan merekam SPP di komputer . Sedangkan pada sistem SPM XenixlDOS dilakukan secara manual. Begitu juga dengan pelaksana di seksi perbendaharaan dapat merekam SPM di seksi mesingmasing. Dengan adanya penyempurnaan dan perbaikan sistem infonnasi akuntansi ini diharapkan akan meningkatkan kineIja KPKN didalam pengelolaan pengeluaran kas negara. Dengan dioperasikannya sistem SPM integrasi ini setidaknya telah mampu mempersingkat waktu di dalam input data sehingga keterlambatan penyelesaian SPM dapat diperkecil. Walaupun demikian sistem SPM integrasi masih memerlukan penyempurnaan lebih lanjut untuk mencegah keterlambatan penyelesaian serta ketidakakuratan data SPM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
FIRZA YULIANTI, 049822313 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Suhardito, Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Feb 2017 22:06
Last Modified: 22 Feb 2017 22:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53417
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item