PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP INTERNET FINANCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

RIZKI WAHYU HIDAYATURAHMAN, NIM: 041411323064 (2016) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP INTERNET FINANCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 A 318_16 Hid p ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 A 318_16 Hid p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Internet Financial Reporting (IFR) muncul karena adanya desakan kebutuhan dari pihak investor untuk mendapatkan informasi perusahaan secara lebih cepat dan akurat. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata kelola perusahaan atau corporate governance terhadap tingkat pengungkapan sukarela perusahaan melalui website yang dikenal sebagai internet financial reporting. Variabel dependen pada penelitian ini adalah tingkat pengungkapan internet financial reporting yang diukur menggunakan 37 item berdasarkan format dan content, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah kompetensi komite audit, kepemilikan publik, kepemilikan manajemen, jumlah komisaris independen, serta reputasi KAP. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Sampel perusahaan yang digunakan sebanyak 102 perusahaan dari populasi 143 perusahaan sektor manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda untuk analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dalam corporate governance yang berkaitan dengan faktor eksternal perusahaan yakni kepemilikan publik dan reputasi KAP berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan IFR. Sedangkan variabel corporate governance yang berkaitan dengan faktor internal perusahaan yakni kompetensi komite audit, kepemilikan manajerial, serta jumlah komisaris independen tidak ditemukan bukti adanya pengaruh terhadap tingkat Internet Financial Reporting (IFR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 318/16 Hid p
Uncontrolled Keywords: Internet Financial Reporting, Corporate Governance, Competencies of Audit Committee, Public Ownership, Managerial Ownership, Total Independent Commissioner, Auditor Reputation
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI WAHYU HIDAYATURAHMAN, NIM: 041411323064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantHamidah, Dr. , M.Si., Ak., CMA, CAUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 22 Feb 2017 22:31
Last Modified: 22 Feb 2017 22:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53426
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item