INDRA QIRAMA, 0841t36998
(2002)
ANALISIS KESESUAIAN HARAPAN DAN MANFAAT YANG DITERIMA KONSUMEN HOTEL WUAYA SUMENEP.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Industri perhotelan telah menjadi indllstri yang bersifat global sehingga dihadapkan pada kompetisi yang sangat kuat dan terbatasnya kemungkinan untuk berkembang, Maturitas industri perhotelan ini ditunjukkan dengan tingkat hunian dan keuntungan rata-rata yang statis sejak periode 1980an. Dalam keadaan seperti illi, maka sangat penting bagi setiap hotel untuk mempunyai keunggulan kompetitif
Untuk rnendapatkan keunggulan kompetitif maka setlap perusahaan dituntut untuk rnampu memuaskan konsumennya, Hal ini dilakukan karena adanya kenyataan bahwa konsumen yang tidak puas terhadap barang atau jasa yang dikonsumsinya akan mencari penyedia barang atau jasa dari perusahaan lain yang mampu rncmuaskan kebutuhannya,
Untuk membangun kepuasan konsumen, pengukuran dan identifikasi faktor-faktor yang memepengaruhi kepuasan pelangga sangat penting dilakukan. S<.hingga banyak studi yang dilakukan untuk rnengukur dan mengindentifikasikan kepuasan konsumen, Meskipun demikian, sampai saat ini sangal sedikit studi yang rnengkonsentrasikan pada pengaruh kepuasan terhadap perilaku konsumen di industri perhotelan khususnya di Hotel Wijaya Sumenep
Penelitian ini menguji apakah harapan dan manfaat yang diterima telah dapat dipenuhi oleh konslimen dengan eara menguji atribut-atribut jasa hotel Wijaya Sumehep. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner 100 namlUl yang layak diuji dan dijadikan penelitian yaitu 83 kuesioner. Prosedur pengambilan sample yaitu nonprobability sampling, Dengan hipotesis : Ho : Harapan konsumen sesuai dengan manfaat yang diperoleh Ha : Harapan konsumen belurn sesuai dengan manfaat yang diperoleh,
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan uji hipotesa menggunakan uji Ranking bp.rtanda Wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 5 %, Data yang di uj i adalah data berpasangan dari variabel harapan dan manfaat yang diterima oleh konsumen yang masing masing terdiri dari atribut-atribut pelayanan dan atribut produk Hotel Wijaya Sumenep, Dan pengujian tersebut ditentukan bahwa persepsi dinyatakan sesuai (konfinnasi) dengan harapan jika taraf signifikasi 2': 0,05 yang berarti konsumen puas, dan dinyatakan tidak sesuai (diskonfinnasi) jika taraf signifikasi < 0,05. Dengan rnembandingkan nilai Z hitung dengan Z tabel dapat diperoleh kesirnpulan apakah persepsi konsurnen sesuai dengan harapannya atau tidak. Dikatakan sesuai jika nilai Z hitung terletak diantara -1,96 dan 1,96 (Nilai kritis Z untuk dua sisi).
Dari hasil pengujian dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk data berpasangan terhadap reponden hotel Wijaya Sumenep diketahui bahwa seluruh item yang dijadikan penilaian belurn mernenuhi harapan konsumen, dengan kata lain ada perbedaan antara harapan dan persepsi konsurnen terhadap atribut jasa di Hotel Wijaya Sumenep,
Actions (login required)
|
View Item |