PENGARUH PENAMBAHAN BATANG PISANG DALAM PAKAN TERHADAP BIOMETRI, PERTAMBAHAN BERAT BADAN DAN PERSENTASE KARKAS ITIK JANTAN PADA PERIODE GROWER

SOETJI HANDAJANI, 068911528 (1994) PENGARUH PENAMBAHAN BATANG PISANG DALAM PAKAN TERHADAP BIOMETRI, PERTAMBAHAN BERAT BADAN DAN PERSENTASE KARKAS ITIK JANTAN PADA PERIODE GROWER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk fkh 913.96 han p.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan batang pisang dalam pakan terhadap bioJlJetri, pertambahan berat badan dan persentase karkas itik jantan pada periode grower. Hewan percobaan yang digunakan adalah 20 ekor itik jantan pada periode grower. Selanjutnya dilakukan pengacakan hewan percobaan dengan cara pengundian untuk menempatkan itik pada kelompok masing-masing. Hewan percobaan tersebut dibagi menjadi dua kelompok perlakuan yakni kelompok tanpa penambahan batang pisang dan kelompok dengan penambahan batang pisang secara ad libituJIJ, sehingga masing-masing kelompok terdiri dari 10 ekor itik. Adaptasi hewan percobaan dilakukan selama dua hari dan ransum yang digunakan adalah pakan komersil yakni komplit butiran masa akhir'anak ayam pedaging BR2 CP 512 yang diproduksi oleh P.T. Charoen Pokphand Indonesia. Setelah masa adaptasi, sesuai dengan hasil pengacakan maka masing-masing kelompok itik diberi ransum perlakuan sesuai dengan kelompoknya. Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah biometri tubuh yang meliputi lingkar dada dan lingkar paha serta pertambahan berat. badan dan persentase karkas itik jantan pada periode grower. Analisis data yang digunakan adalah uji t dengan 10 ulangan. Hasil penelitian selama dua minggu menunjukkan bahwa penambahan batang pisang dalam pakan secara ad libitum berpengaruh sangat nyata terhadap pembesaran lingkar dada dan persentase karkas itik jantan pada periode gro~er (p < 0,01), tetapi tidak berpengaruh terhadap pembesaran lingkar paha dan pertambahan berat badan itik jantan pada periode grower (p > 0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FK 913.96 Han p fulltext tidk tersedia
Uncontrolled Keywords: makanan , ternak,
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
SOETJI HANDAJANI, 068911528UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDADY S. NAZAR, M.Sc., Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorERNI ROSILAWATI, M.S., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 23 Feb 2017 23:04
Last Modified: 23 Feb 2017 23:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53494
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item