UJI TOKSISITAS EKSTRAK DAUN NIMBA (Azadiracllta indica A. Juss) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN POPULASI Paramecium caudatum Ehrenberg

RONY HADI WIDJAYA, 089411207 (1998) UJI TOKSISITAS EKSTRAK DAUN NIMBA (Azadiracllta indica A. Juss) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN POPULASI Paramecium caudatum Ehrenberg. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
53504.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tumhuhan nimba (Azadirachta indica, A Juss) telah dikembangk...m penggunaannya sebagai inscktisida .. lami yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya hagi hewan non target seperti protozoa tanah a13upun perairan. Salah satu protozoa terse but ada.lah Paramecium caudatum yang berperan sehagai pengendali populasi bakteli tanah dan membantu penyuburan 13nah melalui sisa-sisa tubuh yang ditinggalkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menge13hui pengaruh subletal ekstrak daun nimba terhadap laju pertumbuhan populasi Paramecium caudatum. Variabel bebas dari per.eIitian ini yaitu berbagai konsentrasi ekstrak daun nimba, antara lain : 0 ppm, 25 ppm, 50 ppm, 75 ppm, 150 ppm, 250 ppm, dan 300 ppm. Variabel terikat yang diamati adalah laju pertwnbuhan populasi Paramecium caudatum. Medium yang digunakan untuk pertumbuhan Paramecium caudatum adalah medium cair ekstrak jerami yang berisi biakan bakteri Pseudomonas fluorescens sebagai makanan Paramecium caudatum. Pada hari ke nol dilak'Ukan inokulasi Paramecium caudatum dan pemberian konsentrasi ekstrak daun nimba ke dabm medium jerami. Pengamatan dilakukan seIama 5 hari setelah inokulasi. Data yang diperoleh dianaIisis dengan AnaIisis Varians (ANA VA) satu arab dan uji korelasi. Hasil anaIisis statistik menunjukkan bahwa berbagai konsentrasi subletal eksttak daun nimba tidak menyebabkan perbedaan laju pet1umbuhan populasi Paramecium caudatum, sedangkan hasil uji korelasi menunjukkan udak adanya hubungan antara peningkatan konsentrasi ekstrak daun nimba terhadap laju pertumbuhan populasi Paramecium caudatum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 48.98 wid u
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
RONY HADI WIDJAYA, 089411207UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisnadi Widyaleksono C.P, Drs. , M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 23 Feb 2017 23:39
Last Modified: 03 Jul 2017 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53504
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item