DISCLOSURE, STRUKTUR KEPEMILIKAN, EARNINGS ANNOUNCEMENT LAG DAN COST OF EQUITY CAPITAL

PUTRI AYU RACHMAWATI, 041112008 (2016) DISCLOSURE, STRUKTUR KEPEMILIKAN, EARNINGS ANNOUNCEMENT LAG DAN COST OF EQUITY CAPITAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
B. 305-16 Rac d.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh disclosure, struktur kepemilikan dan earnings announcement lag terhadap cost of equity capital pada perusahaan manufaktur yang terdafatar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 dan 2014. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah cost of equity capital yang diukur dengan menggunakan CAPM (capital asset pricing models), sedangkan variabel independen adalah disclosure, kepemilikan publik dan kepemilikan manajerial, serta earnings announcement lag. Variabel kontrol yang digunakan adalah rasio market to book value, kapitalisasi pasar, leverage dan ROE. Data amatan yang digunakan dalam penelitian adalah 129. Hasil pengujian menunjukkan bahwa disclosure dan kepemilikan publik berpengaruh negatif terhadap cost of equity capital, dan earnings announcement lag berpengaruh positif terhadap cost of equity capital. Sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap cost of equity capital. Hal ini berarti semakin tinggi disclosure dan kepemilikan publik, serta semakin rendah earnings announcement lag suatu perusahaan, maka cost of equity capital akan semakin turun. Leverage dan ROE berpengaruh signifikan negatif dan kapitalisasi pasar berpengaruh signifikan positif terhadap cost of equity capital perusahaan. Sedangkan rasio market to book value tidak berpengaruh signifikan terhadap cost of equity capital perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 315-16 Rac d
Uncontrolled Keywords: Cost of equity capital, CAPM, disclosure, kepemilikan publik, kepemilikan manajerial, earnings announcement lag
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI AYU RACHMAWATI, 041112008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoni Budiarjo, Dr. SE., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorWisudanto, Dr. , SE., MM., CFPUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 26 Feb 2017 18:08
Last Modified: 26 Feb 2017 18:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53555
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item