AISSYRIA DHAVIRA FRIES CHURRYAN IDRIS, 041112125 (2016) PERAN MANAJER DALAM MENERAPKAN PERUBAHAN PADA BIDANG INFORMASI DAN KERJASAMA DI RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text (fulltext)
53597.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) | Request a copy |
Abstract
Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya sedang menerapkan banyak perubahan untuk tujuan perkembangan layanan Rumah Sakit. Beberapa perubahan yang terlihat menonjol dan mempengaruhi Rumah Sakit secara keseluruhan terjadi pada Bidang Informasi dan Kerjasama. Keberhasilan dari perubahan-perubahan yang diterapkan tersebut tidak terlepas dari manajer dalam melakukan perannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dari peran-peran manajer sebagai komunikator, pemberi dukungan, pemberi pelatihan, mediator, pengelola resistensi dalam perubahan dilakukan oleh Manajer Bidang Informasi dan Kerjasama. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif case study. Wawancara dilakukan pada 7 informan yang terlibat dalam perubahan di Bidang Informasi dan Kerjasama. Hasil dari wawancara dianalisis menggunakan teknik thematic analysis dengan bantuan software Nvivo 11 versi trial. Hasil penelitian mendapatkan beberapa bentuk atau tindakan nyata manajer dalam menjalankan perannya sebagai komunikator yakni melalui rapat, pemberian SK, langsung secara lisan, telepon dan aplikasi WhatsApp; sebagai pemberi dukungan melalui motivasi, penilaian kinerja, pembinaan, bantuan dalam melakukan pekerjaan, fasilitas dana, makan bersama, kebebasan mengungkapkan ide dan memberikan ilmu yang dibutuhkan karyawan; sebagai pemberi pelatihan dengan memebrikan pengarahan dan pelatihan; sebagai mediator dengan cara menganalisis masukan-masukan, menguji kebenaran informasi, mencari solusi dalam rapat manajer, menyampaikan informasi dari direksi dan menghubungkan pihak-pihak yang bersangkutan; sebagai pengelola resistensi dengan menganalisis penyebab resistensi, mencarikan solusi, teguran lisan, melaporkan pada Direksi serta memberikan motivasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 321-16 Idr p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen perubahan, peran manajer | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2017 21:51 | ||||||
Last Modified: | 03 Jul 2017 19:25 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53597 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |