KONTRIBUSI UNI EROPA DALAM UPAYA PEMULIHAN KRISIS MULTIDIMENSI DI INDONESIA (1997 -2003)

FERIESTA NEURONA ANANDA, 079815725 (2004) KONTRIBUSI UNI EROPA DALAM UPAYA PEMULIHAN KRISIS MULTIDIMENSI DI INDONESIA (1997 -2003). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KK Fis HI 17.04 Ana K(2004).pdf

Download (122kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Krisis multidimensi yang terjadi di Indonesia sejak tahun 1997 juga merupakan pukulan luar biasa bagi Asia Tenggara. pada saat rezim Orde Baru Indonesia merupakan parameter keberhasilan pembangunan sektor bidang dan banyak mendapatkan pujian dari berbagai pihak namun pada saat Krisis moneter muJai menyapu di Kawasan Asia yang muJai terjadi <Ii <Ii Korea Selatan kemudian menimpa Thailand kemudian terakbir menimpa Indonesia. Krisis yang menimpa Indonesia sejak tahun 1997 dampaknya tidak kecil bagi kelangsungan arus investasi. bisnis. perdagangan antar kedua beIah pihak yang sudah lama terjaIin. Krisis yang merumpa Indonesia tersebut juga mendapatkan perhatian dari berbagai negara khususnya dari negara-negara anggota UE. Krisis multidimensi yang melanda Indonesia juga ikut mengakhiri rezim Orde bam yang berkuasa selama 32 tahun. Krisis yang dibadapi Pemerintah tidak: hanya dihadapkan pada masalah keuangan namun juga dibadaplcan masalah antara lain: diintegrasi bangsa, penegakan keadilan dan .HAM, hutang luar negeri yang membengkak. krisismoral. masalah KKN berbagai masalah tersebut mendapatkan sorotan dati pihak luar negeri khususnya UE yang selama ini .melihat Indonesia pada masa-masa sebelnmnya beJ:jaya di kawasan Asia Tenggara karena menjadi salah satu kandidat macan Asia karena keberhasilannya di bidang peniliangunan di segaJa sektor. Terpilihnya Abdurrahman Wachid sebagai presiden RI dengancara yang demokratis pada saat pemilihan umum pertama kali pada saat era reformasi pada tahun 1999 mendapatkan pujian dari berbagai pihak khususnya negara-negara anggota Uni &opa. karena Indonesia berubah menuju arab yang bersifat demokratis di masa-masa sebeIumnya. OJ dalam penelitian ini bipotesis yang diajukan dapat tetbukti, bahwa 'bantuan yang diberikan Urn eropa baik finansial maupnn non finansiaikepada Indonesia karena tidak ingin kehiIan.gan tempat untuk berinvestasi antar kedua belah pibak yang selama ini sudah terjalin lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 17-04 Ana k
Uncontrolled Keywords: Financial Crisis
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K4700-4705 Government measures in time of war, national emergency, or economic crisis
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
FERIESTA NEURONA ANANDA, 079815725UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDDJOKO SULISTYO, DRS., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Feb 2017 23:53
Last Modified: 26 Feb 2017 23:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53619
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item