ANALISIS PENGARUH RANGSANGAN DALAM TOKO (INSTORE STIMULI) TERHADAP KEPUTIJSAN PEMBELIAN YANG TIDAK DIRENCANAKAN OLEH PELANGGAN MATAHARI DEPARTMENT STORE PLAZA SURABAYA

MARTA LUTHFIATI, 049836255 (2002) ANALISIS PENGARUH RANGSANGAN DALAM TOKO (INSTORE STIMULI) TERHADAP KEPUTIJSAN PEMBELIAN YANG TIDAK DIRENCANAKAN OLEH PELANGGAN MATAHARI DEPARTMENT STORE PLAZA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 43 - 03 LUT A.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini g10balisasi pemasaran mendorong industri eceran berkembang pesat dan semilkin kompetitif. Karena itu pernsahaan dituntut tidilk hanya menyediilkan produk yang bennutu, harga yang bersaing dan sistem distribusi yang memudahkan barang dijangkau konsumen saja, tetapi pernsalJaan juga harns melilkukan komunikasi dengan konsumen seeara efektif, membuat kontrak dengan biro iklan agar didapat iklan yang efektif, rnembuat program penjualan yang menarik, dan marnpu menunjukkan citra pernsahaan yang baik serta dapat mendidik wiraniaga supaya bersikap ramah dan memberikan informasi yang jelas (Kotler, 1991 :45) Se\anjutnya berkenaan dengan studi mengenai perilaku konsmnen terdapat satu perililku yang menolljol terhadap perilaku berbelanja konsumen, yaitu bahwa pada umumnya ketika konsmnen berbelanja di snatu toko, mereka seringkali membuat keputusan pembelian di dalarn toko daripada sebelmn memasuki toko (Assael, 1992:626). Sehubungan dengan hal-hal tersebut diatas, PT. Maiahari Putra Prima,Tbl. menerapkan snatu strategi marketing yang dilerapkan di dalam toko untuk merangsang konsumen melilkukan pembelian yang tidilk direncanakan sebelumnya ketika memasuki Matahari Department Store, dan hal iui sesuai dengan pada pene\itian yang dilaktlkan oleh POint-ofpurchase Advertising lnstilut yang menyatilkan bahwa kebiasaan pembelian kOllsmnen atas prodllk kebutuhan sehari-hari, obat-obatan dan majalah menunjukkan bahwa sebagian besar keputusan perotelian atas produk-prod\Ik mass merchandise dan supermarket dibuat setelah memasuki toko Untuk itu maka dilaktikan penelitian ten tang analisis pengaruh rangsangan dalam toko (in-store stimuli) yang meliputi variabel pemeragaan produk (display), tata le1i1k ruangan dalam toko, kelengkapan jenis prodlik, harga dan pnllmmiaga lerhadap keputusan pembelian yang tidilk direncanilkan olch pelanggan Matahari Department Store Plaza Sl.1rabaya. . Penelilian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pelanggan Matahari Plaza Snrabaya yang melilkukan pembelian tidak terencana pada saal peIiode penyebaran kuesioner dilakukan. Metode pengambilan sample yang digunakan adalah non random sampling dan pernilillan responden dilakukan sc<:ara incidental.Penguknran tingkat pengaruh rangsangan dalmn loko dilakukan dengan cara rnenghitnng rata-rata dari total rnasing-masing variabeL HasH pcnelitian menllnjlikkan bahwa stratcgi penggunaan variahelvariabel rangsangan dalarn toko yang diteliti berpengaruh seeara signifikan terhadap keputusan pembelian yang tidilk direncanilkan oleh pelanggall Matahari. Selalljutnya berdasarkan uji F dan uji t milka hipotesis yang rnenyatakan bahwa rangsangan dalam toko berpengarnh terhadap keputusall pembelian yang tiOO direncanakan adalah terbukti, baik secara bersama-sama lIlanpun secara parsial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 43/03 Lut a FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ANALISIS PENGARUH RANGSANGAN DALAM TOKO (INSTORE STIMULI) TERHADAP KEPUTIJSAN PEMBELIAN YANG TIDAK DIRENCANAKAN OLEH PELANGGAN MATAHARI DEPARTMENT STORE PLAZA SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MARTA LUTHFIATI, 049836255UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dra. Ec, Hj. , MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Feb 2017 18:15
Last Modified: 06 Jun 2017 21:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item