ANALISIS PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN PBRUMAHAN ATAS REACTIVE MARKETING TERHADAP LOYALITAS PADA PT. TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR DI SURABAYA

RYZA ADHI DARMA, 049812273 E (2004) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN PBRUMAHAN ATAS REACTIVE MARKETING TERHADAP LOYALITAS PADA PT. TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 44-05. Dar a.pdf

Download (382kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PT. TELKOM) merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Keberadaan perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1906, telah memberi peranan penting dalam perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia. Sehingga dalam perjalanannya, perusahaan ini telah memiliki banyak pelanggan. Pelanggan bagi PT. TELKOM dibagi menjadi tiga segmen, yaitu : sektor perorangan, rumah tangga dan niaga. Untuk sektor rumah tangga, PT. TELKOM memiliki jumlah pelanggan besar dan telah lama berkecimpung di dalamnya. Karena telah lama di segmen ini,. pihak PT. TELKOM menganggap sektor ini telah mengenal jasa -jasa TELKOM. Sehingga pada sektor rumah tangga, pihak PT. TELKOM menerapkan strategi reactive marketing yaitu mendorong pelanggan untuk menghubunginya bila mempunyai pertanyaan, komentar dan keluhan tentang jasa -jasa yang disediakan PT. TELKOM. Dimana untuk mendukung strategi ini, pihak perusahaan menyediakan beberapa unit layanan untuk pelanggannya. Unit unit itu adalah unit info produk atau jasa TELKOM, call center, dan unit pengaduan gangguaan. Ketiga unit ini digunakan PT. TELKOM untuk mendekatkan perusahaan dengan pelanggannya, karena dengan kedekatannya maka pihak perusahaan akan memperoleh masukan dari pelanggannya sehingga perusahaan akan dapat memperbaiki kinerjanya. Bila kinerja perusahaan dapat berjalan lancar, maka perusahaan menginginkan agar pelanggan dapat lebih loyal. Dari ketiga unit tersebut, menurut penelitian yang dilakukan. Unit info produk atau jasa TELKOM mempunyai pengaruh yang kuat terhadap loyalitas. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi dibawah ini : Y = 0,371 + 0,339X1 + 0,288X2 + 0,233Xl Persamaan regresi diatas menunjukkan bahwa penyediaan unit info produk atau jasa TELKOM mempunyai pengaruh terhadap loyalitas. Sehingga pihak PT. TELKOM harus lebih memperhatikan unit ini dengan jalan meningkatkan kinerja karyawan dan lebih memudahkan pelanggan untuk menghubungi unit unit info produk atau jasa TELKOM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 44/05 Dar a FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ANALISIS PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN PBRUMAHAN ATAS REACTIVE MARKETING TERHADAP LOYALITAS PADA PT. TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR DI SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RYZA ADHI DARMA, 049812273 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTANTI DANDRIANA, , S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Mar 2017 22:11
Last Modified: 01 Mar 2017 22:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53784
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item