TONY BAGUSHARTANTO, 0498U961/E
(2004)
ANALISIS TANGGAPAN KONSUMEN ATAS PROMOSI PENJUALAN
TERHADAP KEPtrrUSAN PEMBELIAN OBAT NYAMUK BAKAR
DOMESTOS NOMOS DI SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Pemikiran yang berorientasi pasar merupakan kebutuhan yang tidak dapat dielakkan lagi pada saat ini. Bagi sebagian perusahaan. promosi penjualan menjadikan suatu pilihan yang menarik, sebagai alat untuk mendorong keputusan pembelian konsumen. Melalui penganalisisan tanggapan konsumen atas promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang dipromosikan akan memudahkan pihak perusahaan untuk menyusun berbagai strategi pemasaran dengan lebih efektif dan efisien sesuai dengan keinginan konsumen.
PT. Unilever Indonesia sebagai salah satu produsen consumer goods terbesar di Indonesia kiranya perlu mengetahui sejauh mana tanggapan konsumen pada promosi penj ualannya~ khususnya promosi penjualan produk obat nyamuk bakar Domestos Nomos. Dan apakah tanggapan konsumen tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terutama di daerah Surabaya. Tanggapan konsumen terhadap promosi penjualan obat nyamuk bakar Domestos Nomos dalam penditian ini diartikan sebagai penilaian konsumen terhadap premilhadiah, POP Display, dan paket harga yang berpengaruh terhadap keputusan pembelJan konsumen di Surabaya.
Pengukuran variabel penelitian ini menggunakan skala ordinal 1-5 yang telah dikuantifikasikan untuk keperluan perhitungan dengan teknik regresi linier berganda dengan jumlah responden 100 orang. Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 0,122 + 0,373X) + 0,248Xl + 0,342XJ
Dari persamaan regresi diatas menunjukkan adanya pengaruh tanggapan konsumen atas promosi penjualan yang terdiri dari premi/hadiah) POP Di.\pluy, dan paket harga terhadap keputusan pembeUan obat nyamuk bakar Domestos Nomos di Surabaya. Dari hasil analisis tersebut diperoleh koefisien korelasi berganda (multiple R) sebesar 0,715 dan koefisien determinasi keseluruhan (R2) sebesar 0,511. Melalui uji F diperoleh hasil yang signifikan antara tanggapan konsumen atas promosi penjualan terhadap keputusan pembelian obat nyamuk bakar) serta diperoleh nilai adjusted If sebesar 0,495. Dari uji t yang dilakukan terbukti bahwa variabel tanggapan konsumen atas promosi penjualan yang merupakan variabel bebas secara parsial juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan dari hasil coeffiCient standardized beta diperoleh nHai beta yang paling besar adalah premilhadiah. Dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa tanggapan konsumen atas premilhadiah memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian obat nyamuk bakar Domestos Nomos di Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |