PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN PESAING TERHADAP KAPABILITAS DAN KINERJA PEMASOK

SAKTIAN ERYANANTA, 041012196 (2014) PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN PESAING TERHADAP KAPABILITAS DAN KINERJA PEMASOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-eryanantas-33411-5.abstr-i.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
55.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Orientasi pada pelanggan dan pesaing mampu menjadikan perusahaan selalu kompetitif dan berkembang pesat melebihi yang dipikirkan. Orientasi pada pelanggan dan pesaing mampu menjadikan perusahaan mengembangkan produk yang benar-benar baru dengan mendorong perusahaan untuk belajar mengenai hal baru (eksplorasi) dan mendorong perusahaan untuk beradaptasi dalam penggalian pengetahuan baru yang telah dikuasai (eksploitasi) sehingga perusahaan mampu menciptakan produk yang benar-benar baru dan terus meningkatkan kepuasan pelanggan. Kapabilitas perusahaan yang meningkat ini diimbangi oleh kinerja perusahaan yang semakin baik dimata pelanggan dan pesaing. Karena perusahaan yang mempunyai orientasi pesaing dan pelanggan akan selalu berusaha memuaskan pelanggannya dan melebihi kemampuan pesaingnya. Astra Internasional adalah salah satu perusahaan yang menginvestasikan pendapatannya untuk mengembangkan kemampuan dan kinerja pemasoknya. Hal ini dilakukan karena Astra Internasional yang ingin selalu menguntungkan bagi mitra bisnisnya. Pendiri Astra Internasional tidak ingin pemasok mati karena hanya mensuplai Astra Internasional. Maka, investasi yang dilakukan adalah agar pemasok semakin mengembangkan dirinya menjadi lebih baik. Dengan mengambil sampel 87 pemasok Astra Internasional di Jakarta dan Jawa Barat, peneliti berusaha menemukan pengaruh orientasi pasar berupa orientasi pada pelanggan dan orientasi pada pesaing terhadap kapabilitas atau kemampuan dan kinerja pemasok Astra Internasional. Menggunakan Partial Least Square, penelitian ini mampu menunjukkan pengaruh orientasi pada pelanggan dan pesaing terhadap peningkatan kemampuan menggunakan eksploitasi dan eksplorasi dan mampu menunjukkan pengaruhnya dalam peningkatan kinerja pemasok Astra Internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.193/14 Ery p
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER SERVICES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SAKTIAN ERYANANTA, 041012196UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 10 Oct 2014 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 01:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5389
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item