PENARAPAN SISTEM AKUNTANSI PENGELUARAN KAS ATAS BIAYA PERJALANAN DINAS JABATAN PADA PT. PEMBANGKIT JAWA BALI SERVICES (KANTOR PUSAT)

RIZKA QOTRUNNADA, 041310113051 (2016) PENARAPAN SISTEM AKUNTANSI PENGELUARAN KAS ATAS BIAYA PERJALANAN DINAS JABATAN PADA PT. PEMBANGKIT JAWA BALI SERVICES (KANTOR PUSAT). Other thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.A.42 -16 Qot p abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FV.A.42 -16 Qot p-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

3.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil pengamatan penulis dalam Praktik Kerja Lapangan dapat ditarik kesimpula dari uraian hasil deskripsi PKL dan pembahasan mengenai penerapan sistem akuntansi pengeluaran kas atas biaya perjalanan dinas jabatan pada PT. Pembangkit Jawa Bali Services, maka dapat dijelaskan bahwa : 1. Dasar kebijakan yang digunakan PT. PJB Services mengenai perjalanan dinas adalah Surat Keputusan Direksi PT. PJB Services Tahun 2014 tentang Perjalanan Dinas Karyawan PT. PJB Services. 2. Penyajian beban perjalanan dinas pada laporan laba rugi PT. PJB Services, disajikan dalam dua akun yaitu beban langsung apabila beban perjalanan dinas berkaitan dengan kontrak dan beban usaha apabila beban perjalanan dinas berkaitan dengan keperluan kantor pusat. 3. Pembayaran biaya tiket perjalanan dinas dibayarkan sesuai dengan biaya yang dikeluarkan (at cost), sedangkan biaya uang harian dibayarkan secara lumpsum. 4. Prosedur pencairan biaya perjalanan dinas dari permohonan biaya perjalanan dinas hingga realisasi biaya perjalanan dinas yang diterapkan pada PT. PJB Services sudah baik. 3.2 Saran Berdasarkan kesimpulan diatas mengenai biaya transport harian, tarif untuk semua wilayah jumlahnya sama semua sesuai pada Surat Keputusan Direksi PT. PJB Services Tahun 2014 tentang Perjalanan Dinas Karyawan PT. PJB Services. Namun, karena setiap wilayah memiliki perbedaan pada tarif transport harian (angkutan dalam kota), perusahaan disarankan untuk membuat biaya transport harian yang berbeda berdasarkan wilayah tertentu. Karena terdapat beberapa wilayah yang tingkat ketersediaan angkutan dalam kotanya sulit ditemukan (jarang). Selain itu, mengenai penerapan sistem akuntansi pengeluaran kas atas biaya perjalanan dinas jabatan pada PT. PJB Services secara keseluruhan sudah baik. Oleh sebab itu, disarankan untuk mempertahankan kinerja program yang telah dilaksanakan selama ini.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 FV.A.42 -16 Qot p
Uncontrolled Keywords: SISTEM AKUNTANSI PENGELUARAN KAS, BIAYA PERJALANAN DINAS JABATAN)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKA QOTRUNNADA, 041310113051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDevi Sulistyo Kalanjati, SE., MAcc., MAAC., Ak., CPA., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 05 Mar 2017 16:54
Last Modified: 09 Jul 2017 21:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item