PEMAIFAAIAN PUPUK BIOL0GIS MIKORlSA VASKULAR ARBUSKULAR UNTUK MENILAI PENYERAPAN FOSFOR DAN PERTUMBUHAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merril var Wilis) PADA SIMULASI LAHAN KERING DI RUMAH KACA

Yuliasti Permatasari, 089110881 (1996) PEMAIFAAIAN PUPUK BIOL0GIS MIKORlSA VASKULAR ARBUSKULAR UNTUK MENILAI PENYERAPAN FOSFOR DAN PERTUMBUHAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merril var Wilis) PADA SIMULASI LAHAN KERING DI RUMAH KACA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk mpb 527.96 per p-min.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mikorisa Vaskular Arbuskular (MVA) merupakan salah satu tipe endomikorisa yang dapat digunakan sebagai pupuk biologis dalam sistem pertanian, khususnya pada lahanlahan yang miskin unsur hara karena MVA bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan unsur hara terutama fosfor. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut : pertama, apakah ada perbedaan penyerapan fosfor pada tanaman kedelai setelah penambahan mikorisa pada lahan kering; kedua, apakah ada perbedaan pertumbuhan tanaman kedelai setelah penambahan mikorisa pada lahan kering; dan ketiga, apakah ada hubungan antara perbedaan jumlah penambahan mikorisa dengan daya penyerapan fosfor dan pertumbuhan tanaman kedelai. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Variansi Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan masing-masing perlakuan 4 kali pengulangan dilanjutkan dengan pengujian Least Significance Difference. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara banyaknya dosis MVA yangdiberikan pada tanaman kedelai dengan peningkatan penyerapan fosfor serta peningkatan pertumbuhan tanaman menggunakan uji Korelasi Momen Produk Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa perlakuan penambahan MVA pada tanaman kedelai berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan penyerapan fosfor dan pertumbuhan tanaman kedelai. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai positif. yang berarti bahwa semakin banyak dosis MVA yang diberikan pada tanaman kedelai semakin tinggi peningkatan penyerapan fosfor dan pertumbuhan tanaman. Jadi penambahan MVA terbukti dapat meningkatkan penyerapan fosfor sehingga tanaman kedelai dapat tumbuh dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 527.96 per p
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Yuliasti Permatasari, 089110881UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH.A. Soeparmo, Prof. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 06 Mar 2017 18:00
Last Modified: 09 Jul 2017 23:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53936
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item