EVALUASI UKURAN KlNERJA NON FINANSIAL DALAM RANGKA PENGENDALIAN OPERASIONAL UNTUK MEMPERTAHANKAN KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PERUSAHAAN MSG PT SASA FERMENTATION. L... SIOOARJO)

DIAN ANUGERAH SUSHANTY, 0491110S1·E (2004) EVALUASI UKURAN KlNERJA NON FINANSIAL DALAM RANGKA PENGENDALIAN OPERASIONAL UNTUK MEMPERTAHANKAN KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PERUSAHAAN MSG PT SASA FERMENTATION. L... SIOOARJO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 148.05 Sus l.pdf

Download (431kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Sasa Fermentation sebagai salah satu produsen penghasil monosodium glutamate (MSG) yaitu molasses (tetes tebu) atau lebih di kenaI dengan moto atau vetsin yang merupakan bahan tambahan makanan yang sangat potensial dalam peningkatan kelezatan makanan serta berperan sebagai penguat rasa (jlavor enhancer) harus menyikapi situasi persaingan ini secara jeli. Sekarang terdapat beberapa perusahaan serupa yang merupakan pesaing-pesaing PT Sasa Fermentation (merek sasa) yang berusaha mengkomunikasikan masing-masing keunggulannya dan mempengaruhi pikiran konsumen agar memilih dan melakukan pembelian. Perusahaan dituntut memenuhi keunggulan bersaing yang dimiliki salah satunya dengan penerapan ukuran kinerja non finansial dalam rangka pengendalian operasional. Penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: untuk mengetahui penerapan ukuran kinerja non finansial dalam rangka pengendalian operasional untuk mempertahankan keunggulan bersaing. Penelitian pada skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan penelitian yang menggunakan data berupa kalimat tertulis atau lisa~ perilaku, fenomena, peristiwaperistiwa, pengetahuan atau obyek studi. Proses penelitian kualitatif memperhatikan konteks studi dengan menitikberatkan pada pemahaman, pemikiran, dan persepsi peneliti. Teknik analisis yang dilakukan adalah mengidentifikasi ukuran-ukuran kinerja non-finansial yang akan digunakan dalam pengukuran dan membandingkan dengan standar yang telah ditetapkan. Ukuran kinerja non keuangan yang digunakan perusahaan adalah efisiensi, kinerja me sin, efisiensi produktivitas, kualitas pemasok bahan baku, kinerja kualitas, waktu dan customer acceptance. Beberapa kinerja non finansial sudah mampu memenuhi standar yang ditetapkan, seperti kinerja me sin, produktivitas dan kinerja waktu berupa responsiveness (cycle time dan velocity). Kinerja non finansiallainnya masih me~erlukan perhatian perusahaan mengingat masih belum memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan, seperti MCE yang nampak dari nilai throughput time yang masih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DIAN ANUGERAH SUSHANTY, 0491110S1·EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMohammad Nashih, Drs., MT., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Mar 2017 22:39
Last Modified: 05 Mar 2017 22:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53946
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item