EVALUASI TINGKAT KEBISINGAN DI JALAN PROTOKOL SURABAYA DALAM KAITAN DENGAN FREKUENSI LALULINTAS KENDARAAN BERMOTOR

BAMBANG PRAYITNO, 089110878 (1996) EVALUASI TINGKAT KEBISINGAN DI JALAN PROTOKOL SURABAYA DALAM KAITAN DENGAN FREKUENSI LALULINTAS KENDARAAN BERMOTOR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpb 528.96 pra e.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebisingan merupakan salah satu bentuk pencemaran udara oleh suara yang tidak dikehendaki kehadirannya atau oleh bentuk suara yang tidak sesuai dengan tempat dan waktunya. yang keberadaannya merugikan manusia dan lingkungan (Anonim. 19S9). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat kebisingan dan frekuensi kendaraan bermotor yang melewati empat jalan Protokol lokasi peneliti an di kotamadya Surabaya. - Pengukuran tingkat kebisingan dan frekuensi kendaraan bermotor tersebut dengan menggunakan Sound Level Heter dan Counter selama dua minggu dalam dua bulan, yaitu pada mit~ggu kedua bulan April-Hei tahun 1995. Dari hasil penelitian tersebut didapat tingkat kebisingan rata-rata pada pagi, siang dan Malam hari di empat jalur utama lokasi penelitian sebesar 83 dB.A. ini berarti telah melebihi kriteria nilai ambang batas kebisingan yang diperkenankan yaitu 70 dB.A sebagai batas maksimal yang diperbolehkan untuk daerah transportasi. Dan keadaan 1n1 diduga eudah berlangsung lebih dari tujuh tahun. yakni sejak tahun 1988 di mana di lapangan pada saat itu tingkat kebisingan telah mencapai 81 dB.A Berdasarkan analisis regresi didapatkan r = 0.68 dan r2 = 0.46 dengan persamaan rettresi Y" = 77.4 + 0.00340 Xi.. Dengan r mendekati 1 maka korelasi antara dua variabe~ tersebut termasuk berkorelasi sedang dan bersifat positif. Dengan lain perkataan apabila frekuensi kendaraan bermotor meningkat maka tingkat kebisingan akan meningkat pula. Sedang besar sumbangan variabel X terhadap variasi naik turunnya Y atau pengaruh frekuensi kendaraan bermotor terhadap naik turunnya tingkat kebisingan sebesar 46 X, dengan demikian diduga masih banyak faktor yang mempengaruhi naik turunnya tllutkat kebisingan selain besarnya fre kuensi lalulintas kendaraan bermotor. Untuk mengetahui persamaan regresi tersebut signifikan atau tidak diadakan uji F. Dari hasil pengujian dengan derajad kepercayaan a = 0.05 di dapat F = 8.58 > F tabel = 4.96, berarti tolak Ho. dengan kata lain memang ada pengaruh besarnyafrekuensi kendaraan bermotor terhadap tingkat kebisingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 528.96 pra e
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
BAMBANG PRAYITNO, 089110878UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH.A. Latief Burhan, Drs. , M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 06 Mar 2017 18:29
Last Modified: 06 Mar 2017 18:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53976
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item