ANITA RACHMAWATI, 041310113070
(2016)
ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PIUTANG USAHA JASA NON-AERONAUTIKA DALAM UPAYA PENINGKATAN PENAGIHAN PADA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDARA JUANDA SURABAYA.
Other thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
1.1 Simpulan
Berdasarkan Uraian pembahasan dan penjelasan dalam bab 2 mengenai
pengendalian internal piutang atas jasa non aeronautika PT Angkasa Pura I
(Persero) Bandara Udara Juanda Surabaya Maka dapat di ambil kesimpulan di
bawah ini:
1. Lingkungan pengendalian telah di terapkan dengan baik sesuai
dengan kebijakan yang berlaku di perusahaan.
2. Penilaian resiko pengendalian internalnya telah di laksanakan dengan
baik terbukti dengan adanya identifikasi resiko.
3. Informasi dan komunikasi di PT Angkasa Pura I Persero telah sesuai
dimana urutan pelaporan pertama di berikan kepada section head di
lanjutkan ke department head dan terakhir sampai di general manager
4. Aktivitas pengendalian seperti pengendalian umum dan pengendalian
aplikasi telah sesuai di terapkan dengan adanya aplikasi berupa SAP
untuk mempermudah proses bisnis perusahaan
5. Pengawasan telah di terapkan dengan baik dengan komunikasi antara
kepala bagian sampai ke general manager.
6. Fungsi fungsi yang terkait dalam ransaksi penjualaan kredit memiliki
tanggung jwab yang tepat serta prosedur yang di lakukan tiap tiap
fungsi dapat di pertanggungjwabkan sehingga mendukung terciptanya
pengendalian internal yang baik.
7. meskipun adanya pengendalian internal yang baik akan tetapi masi
ada beberapa poin fungsi yang kurang yaitu tidak terpisahnya fungsi
akuntansi dan fungsi penagihan dimana fungsi tersebut menjadi satu
yang menjadikan kerepotan bagian akuntansi untuk mengendalian
penagihan kepada customer.
1.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas yang telah di jelaskan berikut saran dari
penulis untuk PT Angkasa Pura I (persero) Bandara Juanda Surabaya
semestinya Memisahkan fungsi penagihan dan fungsi kredit atau piutang, hal
ini dapat membantu dalam mengoptimalkan proses penagihan. Karena fungsi
penagihan berfokus pada penagihan piutang secara langsung ke pelanggan.
Bagian piutang atau kredit hanya berfokus pada pencatatan piutang dan
pertanggung jawaban kepada kepala bagian piutang atas penagihan piutang.
Item Type: |
Thesis
(Other)
|
Additional Information: |
KKB KK-2 FV.A.111-16 Rac a |
Uncontrolled Keywords: |
PENGENDALIAN INTERNAL, PIUTANG USAHA JASA NON-AERONAUTIKA, PENINGKATAN PENAGIHAN, PT ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDARA JUANDA SURABAYA |
Subjects: |
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: |
04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Creators: |
Creators | NIM |
---|
ANITA RACHMAWATI, 041310113070 | UNSPECIFIED |
|
Contributors: |
Contribution | Name | NIDN / NIDK |
---|
Thesis advisor | Santi Novita, S.E., MM., Ak., BKP., CA, | UNSPECIFIED |
|
Depositing User: |
Tatik Poedjijarti
|
Date Deposited: |
08 Mar 2017 17:32 |
Last Modified: |
24 Jul 2017 16:59 |
URI: |
http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54120 |
Sosial Share: |
|
|
|
Actions (login required)
|
View Item |