PENGGUNAAN ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (Studi Kasus PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.)

GIDEON, 049822332E (2002) PENGGUNAAN ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (Studi Kasus PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 28 04 Gid p.pdf

Download (573kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Akuisisi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaanperusahaan untuk mencapai sasaran strategis dan sasaran finansial tertentu, dengan melakukan penggabungan dua organisasi yang seringkali berbeda dari segi karakter perusahaan, budaya dan sistem lainnya. Tujuan utama dari akuisisi adalah sinergi. Sinergi merupakan suatu keadaan yang menggambarkan dimana nilai dari perusahaan yang bergabung lebih besar dati nilai perusahaan sebelum digahung. Judul yang diambil dalam penelitian ini adalah "Penggunaan Analisis Economic Value Added Sebagai Alat Pengukur KineIja Keuangan Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Akuisisi (Studi Kasus PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk). Sebuah perusahaan konsultan dari Amerika Serikat, Stern Stewart Management Service memperkenalkan untuk pertama kalinya suatu alat untuk menganalisa kineIja keuangan, yaitu analisis Economic Value Added (EVA). Selain itu EV A digunakan sebagai alat untuk menilai kineIja perusahaan, karena mempertimbangkan tingkat pengembalian yang dituntut oleh para penyandang dana atas investasinya. EVA dihitung dengan mengurangi Net Operating Profit After Tax (NOP A T) dengan Cost of Capital. Kelebihan EVA terletak pada perhatian tentang penciptaan nilai oleh perusahaan dan digunakannya biaya modal dalam perhitungannya. Dalam penelitian ini penulis menyimpulkan sebagai berikut : 1. Penilaian EVA sesudah akuisisi bemilai positif dan cenderung meningkat. Nilai NOPAT mampu menutup biaya investasi (cost ofcapital) yang ditanamkan oleh investor dan perusahaan mampu menciptakan (create value) terhadap peningkatan kapitalisasi pasar saham. 2. Penerapan konsep EVA untuk menilai kineIja perusahaan hasilnya : a PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk tabun 1995 dan 1996 yang mempunyai nilai EVA yang negatif, artinya dalam perusahaan tidak teIjadi nilai tambah ekonomis, sehingga harapan penyandang dana tidak bisa terpenuhi yaitu tidak mendapatkan pengembalian yang setimpal dengan investasinya sedangkan kreditur tetap mendapatkan bunga. Kondisi ini menandakan kineIja perusahaan kurang baik. b. PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk tahun 1998 dan 1999 mempunyai nilai EVA yang positif artinya dalam perusahaan telah teIjadi nilai tambah ekonomis, sehingga harapan para penyandang dana dapat terpenuhi yaitu mendapatkan pengembalian investasi yang sarna atau lebih dati yang diinvestasikan sedangkan kreditur mendapatkan bunga. Selain itu perusahaan berhasil menciptakan nilai (Create Value) bagi pemilik modal dan menandakan kineIja perusahaannya baik. 3. Perusahaan selama ini belum menerapkan konsep EVA dalam pengukuran kineIja perusahaan tetapi hanya menggunakan ratio finansial saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 28/04 Gid p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (Studi Kasus PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
GIDEON, 049822332EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, DR. , SE. Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Mar 2017 18:15
Last Modified: 08 Mar 2017 18:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54130
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item