OPTIMALISASI NUMBER OF EXCITATION (NEX) TERHADAP SIGNAL TO-NOISE RATIO (SNR) DAN KECEPATAN WAKTU SCANNING PADA PEMERIKSAAN MRI

DIANA EGA RANI, 081211331138 (2016) OPTIMALISASI NUMBER OF EXCITATION (NEX) TERHADAP SIGNAL TO-NOISE RATIO (SNR) DAN KECEPATAN WAKTU SCANNING PADA PEMERIKSAAN MRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
MPF.35-16 Ran o abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
MPF_35-16_Ran_o-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul Optimalisasi Number of Excitation (NEX) terhadap Signal To-Noise Ratio (SNR) dan Kecepatan Waktu Scanning pada Pemeriksaan MRI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi NEX terhadap SNR dan waktu scanning serta mengetahui nilai variasi NEX yang optimal untuk mendapatkan SNR baik dengan waktu scanning singkat. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya dengan Pesawat MRI Siemens Esensa 1,5 Tesla, dengan cara mengubah nilai NEX dari 1 sampai 4 pada pemeriksaan MRI kepala pembobotan T1 spin echo. Dari hasil citra yang diperoleh dilakukan region of interest (ROI) untuk mengukur rerata sinyal jaringan dan noise untuk mendapatkan SNR pada masingmasing citra. ROI dilakukan pada jaringan white matters, grey matters dan CSF untuk mendapatkan sinyal rata-rata untuk dibandingkan dengan ROI pada background. Dari penelitian didapatkan hasil, seiring peningkatan NEX maka SNR juga semakin meningkat begitu pula dengan waktu scanning. Dari hasil Uji statistik ANOVA dan korelasi pearson bahwa ada hubungan yang signifikan antara NEX dengan SNR dan waktu scanning Prosentase kenaikan rata-rata dari jaringan white matters, grey matters dan CSF adalah dari NEX 1 ke 2 adalah 34%, dari NEX 2 ke 3 adalah 72%, dan dari NEX 3 ke 4 adalah 105%. Untuk mendapatkan SNR mendekati 100%, maka NEX yang digunakan adalah 4. Sedangkan untuk mendapatkan citra optimal dengan SNR baik dengan waktu scanning singkat, sebaiknya digunakan NEX 3. Kata Kunci: NEX, SNR, waktu scanning, Pembobotan T1 spin echo, Pemeriksaan MRI Kepala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF.35-16 Ran o
Uncontrolled Keywords: NEX, SNR, waktu scanning, Pembobotan T1 spin echo, Pemeriksaan MRI Kepala.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
DIANA EGA RANI, 081211331138UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuhariningsih, Prof. Dr. Ir.UNSPECIFIED
Thesis advisorTri Anggono Priyo, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Mar 2017 18:40
Last Modified: 04 Feb 2018 20:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item