KEPRIBADIAN OTORITARIAN DAN IDEOLOGI POLlTIK (Studi Kualitatif Terhadap Fungsionaris dan Simpatisan Empat Partai Politik di Surabaya)

AKHMAD FAUZIE, 119710224 (2003) KEPRIBADIAN OTORITARIAN DAN IDEOLOGI POLlTIK (Studi Kualitatif Terhadap Fungsionaris dan Simpatisan Empat Partai Politik di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk psi 10.03 Fau k-min.pdf

Download (117kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitlan ini dilatarbdakang1 oleh fenomena pohtik di Indonesia, terutarna \vi\cana id~ologi politik dan partai politik Scjarah mcncatat bagaimana lndoncsia mengalmm Jutuh bangun pemenmahan, khusu~nya pada Era Orde Lama_ Salah sutu penyebab Jatuh bangunnya pemenntahan Indonesia saat itu adalah, bagajmana dalam sistC'm dcmokrasl, scl1ap kclornpok pohtik yang ada merasa herbak untuk tUfut serta menata negara. Deugan kekuatan yang ada, seuap kelompok politjk, rerutama yang uleh llerbeth Feith dikategorikan sebagai pemikiran polltik as11 Indonesia: Nasionalis, lsiarn, Sosial Demokmt dan Komunis, saling menjatuhkan. J\rogansi setiap kelompok dengun pandanganr(fa, mcrai3 bahvi3 dirinya yang paling benar, adalah salah satu bagian dari clTi dari apa yang dinamakan €lleh "I'hodore W Adorno sehagai kepribadian ntoritanan, P~nditian in! bcrtujuan untuk melihat karakteristik kepribad\an otoritadan dan mastng~masing idl..'Ologl politik: Nasionalis yang diwukl.H oich Parmi Nasional Indonesia-Front Marnaems (P::-..II-FM), lslam TradislOnal yang di ....aKlh ()leh Parta! Kebangkitan Bangsa (PKR), Islam Modern yang dtwakili oieh Partai Bulan Bintang (PHB). dan Sosial Demokrat yang diwakih oleh Panai Ra1..·'Yat Demokralik (PRD), Responden daiam pcnelitian im beTjumlah 40 orang yang berasal dan kccmpat partni politik Sedangkan subjck terptHh untuk wawancara bcrjumlah 8 orang. i\dapun pcmlhhan ~ubjek pada penclitJan inl, menggunakan Skala F yang diadubsi dan Skala F Adorno, Data penelitian 101 diperoleh dengan cara wawancara dengan :lubjek terpilih. Setelah data wawancara terkurnpu!, data tersebut ditempatkan sebagal sebuuh wacana, dan kemudian dlanalisl5 untuk mcngctahU! ma'koa smial (WJ(:Io! meanmg) yang lcrkandung cit dalamnya. HasH dad analisis data wawancara tersebut, yang bcrarti menlawab pcrrnasalahan pcndtllan yang dlajukan, bagaimana karaktcristik ke-pnbadlan otontanan yang terbcntuk dalam masing-masmg ideologl. adalah sebagaI bcrikul,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 10/03 Fau k FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: KEPRIBADIAN OTORITARIAN DAN IDEOLOGI POLlTIK (Studi Kualitatif Terhadap Fungsionaris dan Simpatisan Empat Partai Politik di Surabaya)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
AKHMAD FAUZIE, 119710224UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPRIYATMOKO, DRS.,MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Mar 2017 18:55
Last Modified: 28 Jul 2017 01:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54220
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item