STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEMBERIAN LARUTAN BAWANG PUTIH (Allium Sativum) DENGAN POVIDONE IODINE (BETADINE SALUTION) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA INSISI PADA AYAM BURAS

EKO YUDI PURWANTO, NIM.: 069211914 (1998) STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEMBERIAN LARUTAN BAWANG PUTIH (Allium Sativum) DENGAN POVIDONE IODINE (BETADINE SALUTION) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA INSISI PADA AYAM BURAS. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK KH 21_99 Pur s.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian larutan bawang putih seeara topikal dalam membantu proses penyembuhan luka insisi, pada ayam buras dibanding dengan Povidone Iodine (Betadille Solution). Sejumlah 30 ekor ayarn buras jantan berumur kurang lebih lima bulan dengan berat rata-rata 1,5 kg di bagi secara acak dalam lima perlakuan, masing-masing perlakuan terdiri dari enam ekor. Pada setiap hewan coba dibuat luka insisi, didaerah dada (musculus pectoralis) sebelah kiri dengan panjang 2 cm dan dalam 0,5 cm, dengan menggunakan Skalpel. Perlakuan A, luka pada hewan coba dibiarkan tanpa diobati. PerIakuan B, luka diobati dengan larutan bawang putih 10%. Per1akuan C, luka diobati dengan larutan bawang putih 20%. Perlakuan 0, luka diobati dengan larutan bawang putih 40%. PerIakuan E, luka diobati dengan Povidone Iodine (Betadine Solution). Pengobatan dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan sore hari sesudah makan dengan cara dioleskan selama tiga hari. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dilanjutkan dengan Uji Beda Terkecil (BNT) 1 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa larutan bawang putih berpengaruh sangat nyata terhadap penyembuhan luka (p<O,O 1) dan pada konsentrasi 20% dan 40 % mempunyai pengaruh yang sama dengan Povidone iodine (Betadine Solution).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 21/99 Pur s
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF915-919.5 Veterinary pharmacology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
EKO YUDI PURWANTO, NIM.: 069211914UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSri Agus Sudjarwo, Drh., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 12 Mar 2017 17:31
Last Modified: 12 Mar 2017 17:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54299
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item