BINTI NASUKAH, 040016907
(2006)
BONDING DAN KOMITMEN SEBAGAI KEKUATAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN (SURVEY PADA KONSUMEN PT. GARUDA INDONESIA).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Pentingnya mengembangkan hubungan jangka panjang dengan konsumen telah melahirkan sebuah paradigma pemasaran yang dikenal dengan istilah relationship marketing. Paradigma baru ini muncul menggantikan paradigma lama yang dikenal dengan istilah transactional marketing. Hasil yang ingin dituju dari relationship marketing adalah loyalitas konsumen. Dalam membangun relationship, bonding dan komitmen menjadi dua variabel independen yang masing-masing memberi kontribusi dalam memperkuat hubungan (relationship) antara konsumen dengan perusahaan. Penelitian ini pada dasamya ingin memahami bagaimana pengaruh kekuatan relationship (relationship strength) yang terdiri dari ~omitmen dan bonding (ikatan) terhadap tujuan utama relationship marketing yaitu loyalitas konsumen. Bonding yang merupakan alat pengikat konsumen, difokuskan pada dua bonds yaitu social bonds (ikatan sosial) dan structural bonds (ikatan struktural), karena keduanya merupakan dua elemen yang saling melengkapi. Sedangkan komitmen diposisikan sebagai variabel perantara dari dua bonds tersebut dengan loyalitas konsumen.
Actions (login required)
|
View Item |