PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D) TERHADAP LUAS INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE

CHRISTIAN ANDY WARDHANA, 041013209 (2016) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D) TERHADAP LUAS INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
A.360-16 War p abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
A.360-16 War p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peran intellectual capital dalam menciptakan keunggulan kompetitif dan nilai perusahaan membuat perusahaan berpikir untuk meningkatkan investasinya pada modal intelektual. Tetapi, peningkatan investasi tersebut tidak diiringi dengan penyajian mengenai intellectual capital secara memadai dalam laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah, dan R&D terhadap luas ICD. Sampel yang digunakan adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan diperoleh total sampel sebanyak 108 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis model regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan pemerintah dan R&D berpengaruh signifikan terhadap luas ICD. Sedangkan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing masih belum bisa dibuktikan keterkaitannya dengan ICD. Kata kunci: luas ICD, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah, R&D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.360-16 War p
Uncontrolled Keywords: luas ICD, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah, R&D.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
CHRISTIAN ANDY WARDHANA, 041013209UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKhusnul Prasetyo, SE., MM., Ak.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Mar 2017 15:47
Last Modified: 13 Mar 2017 15:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54351
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item