PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014)

MAYANG MAHARANI, NIM : 041211331012 (2016) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014). Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 A 375_16 Mah p ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 A 375_16 Mah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung antara mekanisme Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan maupun melalui manajemen laba sebagai variabel mediasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang melibatkan 102 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dilakukan dengan bantuan software WarpPLS 5.0. Hasil penelitian menunjukkan mekanisme GCG berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan begitu juga dengan CSR terhadap kinerja keuangan. Mekanisme GCG berpengaruh negatif terhadap manajemen laba sedangkan CSR berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Manajemen laba berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan. Manajemen laba juga terbukti mampu memediasi pengaruh mekanisme GCG terhadap kinerja keuangan dengan bentuk mediasi sebagian sedangkan dalam memediasi pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan, manajemen laba terbukti dapat menjadi mediasi penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 375/16 Mah p
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
T Technology > TS Manufactures
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MAYANG MAHARANI, NIM : 041211331012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNoorlailie Soewarno, Dr., SE., MBA., Ak., CMA.,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 Mar 2017 18:37
Last Modified: 14 Mar 2017 18:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54460
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item