DANIA LUTHFA, 041310313057
(2016)
STRATEGI PROSPECTING VENDOR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TELEMARKETING DALAM BIDANG PROPERTI PADA PT CAHAYA GLOBAL VISION (CGV).
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
4.1 Kesimpulan
Dalam melakukan prospecting pada vendor properti, telemarketing adalah
alat yang paling penting. Seringkali telemarketing dianggap sepele, dianggap
hanya sekedar menelepon orang saja, padahal tugas seorang telemarketer
sangatlah berperan besar bagi perusahaan yang ingin mendapatkan prospek.
Untuk itu strategi telemarketing sangat perlu dipelajari seperti hal-hal yang harus
diperhatikan sebelum melakukan telemarketing, dan juga prosedur dalam
melakukan telemarketing.
Efektivitas telemarketing ini juga sangat bergantung pada pemilihan
telemarketer. Selain itu telemarketing juga dipengaruhi oleh pelatihan seperti
bagaimana menjadi seorang telemarketer yang baik. Karenanya, sebelum terjun,
telemarketer harus mendapatkan pelatihan dengan naskah terlebih dahulu hingga
bisa berimprovisasi dengan baik. PT. Cahaya Global Vision adalah salah satu
perusahaan yang bergerak dalam bidang properti yang mengunggulkan strategi
telemarketingnya. Sudah terbukti dengan adanya script telemarketing yang telah
dibuat tersebut berhasil membuat agent CGV Property mendapatkan perhatian
calon vendor untuk bertemu dengan agent.
Sebenarnya kunci paling pokok dari telemarketing adalah dengan
melakukannya sesering mungkin agar menjadi terbiasa. Dari 100 orang yang di
telepon mungkin hanya ada 20 orang saja yang berhasil di ajak bertemu dan itu
adalah hal yang sangat wajar. Maka dari itu, sebisa mungkin calon konsumen
harus disikapi dengan baik sehingga penolakan-penolakan tersebut justru bisa
menjadi peluang yang besar bagi seorang telemarketer. Untuk itulah perlu
disampaikan bahwa sejatinya seorang telemarketer adalah orang yang memiliki
pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi yang baik. Hal ini dimaksudkan
agar telemarketer nantinya bisa menjawab semua pertanyaan calon konsumen dengan baik dan juga untuk meyakinkan calon konsumen, sehingga yang semula
menolak malah menjadi tertarik atas produk yang ditawarkan. Dengan begitu
tidak ada penolakan yang berarti bagi seorang telemarketer karena semuanya
dapat diatasi dengan baik.
4.2 Saran
Saran penulis untuk PT. Cahaya Global Vision terkait dengan laporan
praktik kerja lapangan dalam melakukan kegiatan telemarketing untuk
prospecting vendor properti adalah:
1. PT. Cahaya Global Vision perlu menyediakan ruangan khusus untuk
melakukan telemarketing agar tidak bercampur dengan staf lainnya guna
menciptakan suasana yang tenang dan lebih berfokus pada kegiatan telemarketing.
2. PT. Cahaya Global Vision perlu lebih menggencarkan promosinya agar lebih
banyak telemarketing yang masuk dari pelanggan (inbound telemarketing) untuk
mempermudah dalam hal memprospek.
Actions (login required)
|
View Item |